Beranda Uncategorized Akhir Tahun, Pemkab Sergai Genjot Target Vaksinasi

Akhir Tahun, Pemkab Sergai Genjot Target Vaksinasi

17
0

Berbagai kebijakan dan upaya telah dan akan terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk menyukseskan implementasi program vaksinasi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya melalui Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP dalam sambutannya, saat menghadiri Rapat Penanganan dan Percepatan Vaksinasi COVID-19 bertempat di Aula Patria Tama Polres Sergai, Sei Rampah, Sabtu (4/12/2021).

Kami sudah gencar melaksanakan vaksinasi terhadap warga Sergai dalam ajang “Gempur Vaksinasi” dengan mengerahkan seluruh pihak terkait untuk menjangkau sebanyak mungkin sasaran vaksinasi.

“Program vaksinasi door to door, di mana vaksinator langusung datang ke rumah warga, juga terus intensif dilaksanakan,” ucap Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

Ia menambahkan vaksinasi dari pintu ke pintu menyasar para warga yang kesulitan hadir langsung di sentra vaksinasi, seperti puskesmas atau gerai vaksinasi, karena kendala waktu dan pekerjaan.

Seluruh upaya ini, ucap Bupati, bertujuan untuk mengejar target capaian vaksinasi minimal sebesar 70% dari total penduduk yang jadi sasaran.

Target ini, katanya, merupakan salah satu syarat yang mesti dipenuhi untuk mendukung tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Dia menerangkan, saat ini sudah dibuat target agar setiap dusun menyertakan minimal 8 warganya untuk divaksinasi. Pendataan menyeluruh akan dilakukan untuk memastikan hal ini berjalan.

Kalau herd immunity sudah tercipta di Sergai, Insyaallah kita bisa lebih siap sedia untuk segera pulih dari ancaman pandemi ini dan total mengentaskannya.

“Tahun depan kami berharap, yang jadi pembahasan kita bukan lagi urusan pandemi, tapi sudah beranjak dan mulai fokus bekerja untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tegas Bang Wiwiek.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK, mengajak pihak terkait agar terlibat aktif mengarahkan masyarakat mendukung dan ikut serta dalam program vaksinasi.

“Saat ini stok vaksin di Sergai dan jumlah tim vaksinator sudah siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tinggal bagaimana kita menarik atensi sebagian masyarakat yang masih belum mau terlibat dan memberikan keyakinan akan pentingnya program vaksinasi ini,” ucap Kapolres.

Dirinya menyebut, sesuai data terbaru dari Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), saat ini capaian vaksin di Sergai ada di angka 58,19%.

Kapolres berharap seluruh pihak harus meningkatkan kinerja karena perlu kerja keras untuk mencapai target minimal 70% hingga akhir tahun ini.

“Saya mengusulkan agar Dinas Kesehatan Sergai dan Bidan Desa menciptakan inovasi progresif untuk mendukung program vaksinasi. Misalnya dengan menempelkan stiker pada rumah masyarakat yang sudah ikut divaksin,” ucapnya.

Dalam rapat ini ikut hadir pula Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Plt. Kadis Kesehatan Liagustina Simamora, SKM, para Camat, dan perwakilan OPD dan lembaga terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here