Beranda Berita BERITA HOAX: Pak Jokowi Mengenakan Baju Berlogo PKI

BERITA HOAX: Pak Jokowi Mengenakan Baju Berlogo PKI

108
0

Baru-baru ini terdapat foto yang menunjukkan bahwa presiden joko widodo mengenakan baju berwarna merah dan Nampak logo dari partai komunis Indonesia (PKI) pada bagian dada.

Terlihat juga presiden Jokowi saat itu sedang memegang dua buah pengeras suara. Gambar tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Zul Efendi pada 23 Juli 2020.

Dalam foto juga terdapat keterangan yang dituliskan oleh Zul yakni “JOKOWI ASLI ANAK PKI JAHANAM FAKTA BUKA KEBENARAN”

Namun, benarkah presiden Jokowi memakai pakaian tersebut?

Ternyata setelah ditelusuri dengan seksama, foto tersebut hoax dan muncul artikel dengan foto yang sama namun memiliki judul “Siasat Jokowi bentengi Jawa Tengah” yang dipublikasikan oleh kumparan pada Desember 2018.

Dalam situs tersebut, foto yang dimuat sama persis dengan yang diklaim oleh akun Facebook Zul, dan dalam foto juga terdapat keterangan bertuliskan “Joko Widodo saat berkampanye di Malang pada 30 maret 2014”.

Hasil penelusuran juga mengarah pada akun YouTube Wisata Yogya yang memuat video bukti saat Jokowi sedang berkampanye untuk pemilihan umum presiden 2014 dengan diberikan judul “Kampanye pemilu 2014: JOKOWI dalam kampanye di Malang.

Isi dari video tersebut yakni presiden Joko Widodo sedang berpidato namun jika dilihat dengan teliti, pada bagian dada pakaiannya bukankah logo PKI, melainkan bendera Indonesia.

Dan dapat disimpulkan bahwa foto yang dimuat akun Facebook itu merupakan foto editan dari kelompok ataupun orang yang sengaja ingin merusak nama presiden Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here