Beranda Berita Fraksi PDIP DKI Jakarta Ingatkan Pentingnya Tracing Covid-19

Fraksi PDIP DKI Jakarta Ingatkan Pentingnya Tracing Covid-19

37
0

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak menyoroti tes dan pelacakan penularan Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi. Menurutnya, prinsip uji dan pelacakan atau disebut dengan istilah 3 T yaitu testing, tracing, dan treatment, yang dilakukan Pemprov di tengah lonjakan kasus tidak terukur dan transparan.

“Yang masalah adalah 3T, testing kita tidak tahu akurasinya berapa karena tidak pernah dievaluasi. Yang lebih jelek lagi adalah tracing. Data terakhir bulan Mei adalah 1:3, paling baik 1:33, kalaupun dapat 1:10 sudah bagus,” kata Gilbert

Politikus sekaligus epidemiolog ini menilai, program tracing Covid-19 yang kerap disampaikan pihak eksekutif tidak terlihat dampaknya, justru terkesan tidak jalan.

Meskipun, pihak Pemprov DKI menegaskan kapasitas testing Jakarta melampaui target World Health Organization (WHO), Gilbert berpandangan hal itu tidak akan bermakna jika kualitas tracing tidak memadai.

Terlebih lagi, kata dia, dalam rangkaian 3T, kualitas tracing lebih penting dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19.
“Testing buat apa kalau tidak diikuti tracing? Karena maksudnya kan untuk tracing. Kalau 2.000 kasus, apakah ada 20.000 yang diperiksa? Kemampuan lab tidak mencapai, jadi jangan hanya melebihi WHO. Tracing lebih penting,” kata Gilbert.

Tracing sangat penting lantaran saat ini Satgas Covid-19 melaporkan 6.528 orang terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 pada Minggu 27 Desember 2020. DKI Jakarta dilaporkan masih menempati urutan tertinggi penambahan kasus baru Covid-19.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang disampaikan Satgas Covid-19, Jakarta tercatat menambah 1.997 kasus baru hari ini, Minggu (27/12/2020). Sedangkan angka kesembuhannya 1.832 pasien, dan angka kematiannya 22 jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here