Beranda Berita Langkah Nyata Sudah Dilakukan Untuk Pemulihan Ekonomi Di Malang

Langkah Nyata Sudah Dilakukan Untuk Pemulihan Ekonomi Di Malang

24
0

Pemerintah Kabupaten Malang optimis tahun 2021 ini akan menjadi masa keemasan pemulihan ekonomi. Terlebih, Pemkab Malang telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk membangun salah satu sektor penunjang ekonomi rakyat, yakni sektor pertanian.

“Banyak usaha Mikro yang tutup di Kabupaten Malang. Dengan adanya kebijakan yang berasal dari Pemerintah Pusat diharapkan dapat kembali mendongkrak perekonomian,” ujar Wabup Malang Didik Gatot Subroto, dalam Seminar Sinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Malang Raya 2021 yang digelar hari ini, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, salah satu jalan mendongkrak perekonomian tak lepas dari peran serta masyarakat sendiri. Untuk itu, perlu dilakukan edukasi bagi masyarakat pelaku sektor pertanian.

“Edukasi sektor pertanian bisa berupa berbagai bentuk. Mulai dari (edukasi) mengenai pupuk, pengaturan sektor pasar, ada sesuatu pastinya yang perlu kita perbaiki bersama,” sebut Politisi PDIP ini.

Selain itu, pengembangan varietas pertanian juga perlu dilakukan bersama. Sehingga supply dan demandnya menjadi seimbang yang berpengaruh pada harga panen.

Untuk semakin menunjang sektor pertanian, Pemkab Malang juga telah melakukan kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia untuk digitalisasi pertanian.

“Digitalisasi pertanian penting. Pemkab telah lakukan MoU dengan PT. Telkom Indonesia tujuannya untuk merangkul seluruh aspek pertanian. Di sini pemerintah hadir di dalamnya. Mulai dari peguatan data base, market place sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi millenial melalui sektor pertanian,” bebernya.

Dirincikannya, secara keseluruhan di sisi Selatan Kabupaten Malang terdapat 20 sampai 30 persen yang belum dijangkau dengan teknologi digital.

Selain itu, Didik menyampaikan, untuk lebih memotivasi para pelaku ekonomi mikro maka pihaknya akan memberikan insentif agar roda perekonomiannya tetap berjalan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here