Beranda Berita LIPI Jelaskan Keuntungan PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah Lebih Awal & Bergelombang

LIPI Jelaskan Keuntungan PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah Lebih Awal & Bergelombang

41
0

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah dalam tiga gelombang untuk Pilkada 2020. Totalnya ada 169 rekomendasi.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti menilai dengan mengumumkan lebih awal, PDIP punya waktu yang lebih banyak untuk memetakan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, menentukan metode kampanye, dan hal lainnya dengan tepat.

“Jika waktu ini dimanfaatkan untuk mematangkan strategi partai memenangkan para calon, maka PDIP berpeluang menjadi juara umum dalam pilkada besok,” kata Aisah

Langkah PDIP juga dinilai menunjukkan kesiapan partai tersebut dalam menghadapi Pilkada.

“Hal ini menunjukan kesiapan dan kerja partai terlihat lebih rapi dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal,” kata Aisah.

Kesiapan tersebut bukan hanya saat Megawati mengumumkan hasil dukungannya, tetapi sejak pendaftaran calon sampai seleksi internal.

“Kelihatan dari beberapa bulan sebelumnya yang memperlihatkan kalau PDIP membuka pendaftaran bagi calon, pengurus partai di tingkat daerah menjalankan mekanisme seleksi internal, dan lainnya,” tutur Aisah
Aisah juga menjelaskan PDIP memiliki keinginan besar serta kepercayaan tinggi untuk memenangkan pilkada di tahun ini.

“PDIP dapat dikatakan mengawal calon pilihannya sendiri dan tidak sekedar ikut-ikut mendorong calon partai lain yang sudah terbentuk.

Dalam konteks ini, meskipun tentu saja banyak calon PDIP diusung bersama dengan partai lain, tetapi PDIP menjadi partai pengusung utama calon atau setidaknya yang paling awal mengusung calon,” ungkap Aisah.

Seperti yang diketahui, sebanyak 270 daerah yang menggelar pilkada tahun ini PDIP mengumumkan sebanyak 49 kandidat calon kepala daerah yang diusung. Sementara di gelombang kedua sebanyak 445 calon telah diumumkan termasuk Gibran Rakabuming sebagai Piwalkot Solo dan Hanindhito Pramoni di Pilbup Kediri.

Calon ketiga juga telah diumumkan, sebanyak 75 kandidat yang diantaranya terdapat nama Bobby Nasution-Aulia Rachman yang diusung di Pilwalkot Medan. Sisanya, PDIP berencana menggelar pengumuman cakada gelombang keempat yang termasuk calon gubernur serta Pilwalkot Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here