Beranda Berita Mahfud MD Ungkap Korupsi Sebabkan Ketimpangan Pembangunan dan Sosial di Indonesia

Mahfud MD Ungkap Korupsi Sebabkan Ketimpangan Pembangunan dan Sosial di Indonesia

42
0
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 di Pemilu Presiden (Pipres) 2024, Mahfud MD, menegaskan bahwa penegakan hukum adalah kunci mutlak untuk mendorong laju pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Indonesia. “Indonesia ini terlalu banyak korupsi sehingga pertumbuhan ekonomi tidak pernah maksimal,” kata Mahfud, Jumat (22/12/2023).
Saat ini, menurut Mahfud MD, tren pertumbuhan ekonomi suatu negara berbasis pada empat sektor. Empat sektor itu, yakni belanja pemerintah, konsumsi masyarakat, ekspor dan impor, serta digitalisasi. Masalahnya, ujar Mahfud, di keempat sektor itu terlalu banyak korupsi. Dia yang juga Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) ini mengungkapkan data perkara korupsi dan tindak pencucian uang yang ditangani jajarannya selama empat tahun terakhir.
Pertumbuhan ekonomi yang stagnan karena terganjal korupsi, lanjut Mahfud MD, berdampak pula pada besarnya ketimpangan, terutama antara di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Padahal, kata dia, seluruh penjuru Indonesia punya hak yang sama atas pembangunan, kesejahteraan, dan kemajuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here