Beranda Berita Moeldoko Tepis Gatot Nurmantyo soal Pencopotan Panglima TNI

Moeldoko Tepis Gatot Nurmantyo soal Pencopotan Panglima TNI

51
0

Kepala Staf Kepresiden, Moeldoko menepis anggapan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang merasa dicopot karena dirinya menganjurkan menonton film G30S/PKI.

“Pergantian pucuk pimpinan di sebuah organisasi itu melalui berbagai pertimbangan. Bukan hanya pertimbangan kasuistis, tetapi pertimbangan yang lebih komprehensif,” kata Moeldoko

Moeldoko menilai ada kepentingan pribadi di balik berembusnya isu PKI belakangan ini. Padahal, baginya, seorang prajurit harus membangun kewaspadaan yang menentramkan. Moeldoko megaku dirinya lebih memilih untuk membangun kewaspaan yang menentramkan di tengah pandemi Covid-19.
“Saya tidak ingin menyebut nama, tetapi kan tujuannya membangun kewaspadaan. Kewaspadaan kita bangun untuk menenteramkan keadaan. Bukan malah untuk menakutkan. Bedanya di situ,” ujarnya.

Moeldoko juga mengatakan bahwa setiap purnawirawan memiliki kepentingan masing-masing. Hal ini berbeda dengan prajurit yang masih terikat dengan Saptamarga dan sumpah prajurit.

“Tergantung dari orang yang bersangkutan. Seseorang bisa berbeda kalau sudah bicara politik, bicara kekuasaan, bicara achievement, karena ada ambisi,” katanya.

Lebih lanjut, Moeldoko mengaku sesama purnawirawan pihaknya kerap saling mengingatkan. Namun, kata dia, pilihan tetap kembali kepada masing-masing pribadi.

“Tapi sekali lagi, kalau itu berkaitan dengan kepentingan, tidak ada otoritas kita untuk bisa melarang. Masing masing sudah punya otoritas atas dirinya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here