Beranda Berita PDIP Minta Pemprov Maksimalkan Pengawasan Pada Pembatasan Baru

PDIP Minta Pemprov Maksimalkan Pengawasan Pada Pembatasan Baru

59
0

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono menilai keputusan pemerintah pusat menjadikan DKI Jakarta sebagai salah satu wilayah pembatasan baru sebagai langkah yang positif. Gembong memintah Pemprov DKI Jakarta agar lebih maksimal mengawasi protokol kesehatan.

“Melihat perkembangan penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta yang makin tinggi, maka pembatasan kegiatan warga saya kira langkah positif,” kata Gembong

Gembong mengatakan lebih baik lagi jika pembatasan baru itu diterapkan dalam skala mikro. Dengan demikian, kata dia, Pemprov DKI bisa lebih fokus dalam penanganan pandemi Corona.

“Namun dalam skala mikro. Sehingga penanganannya menjadi lebih fokus, disamping itu juga tidak mematikan pergerakan ekonomi rakyat, karena pemprov harus tetap menjaga keseimbangan antara penanganan COVID-19 dengan ekonomi,” ucapnya.

Gembong juga meminta agar Pemprov DKI lebih memaksimalkan penanganan protokol kesehatan. Tak hanya itu, penerapan sanksi juga harus lebih tegas dan konsisten untuk diberlakukan.

“Ini menuntut Pemprov untuk lebih maksimal dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan, warga Ibu Kota juga dituntut untuk tetap patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan. Ya (sanksi) harus lebih tegas dan konsisten, sebab payung hukumnya sudah ada yakni Perda nomor 2/2020 tentang penanggulangan COVID-19,” ujar Gembong.

Diketahui, pemerintah membuat kriteria pembatasan kegiatan masyarakat. Daerah-daerah yang masuk kriteria tersebut wajib melakukan pembatasan kegiatan, terutama daerah di Pulau Jawa dan Bali.

Adapun kriteria yang dimaksud adalah sebagai berikut:
– tingkat kematian di atas rata-rata tingkat kematian nasional ataupun 3%
– tingkat kesembuhan di bawah rata-rata tingkat kesembuhan nasional yaitu 82%
– tingkat kasus aktif di bawah rata-rata tingkat kasus aktif nasional yaitu 14%
– tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) untuk ICU dan isolasi yang di atas 70%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here