Beranda Berita Pentingnya Rasa Nasionalisme Dalam Menghadapi Pandemi

Pentingnya Rasa Nasionalisme Dalam Menghadapi Pandemi

45
0

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, Ir. Rudianto Tjen terus mengajak segenap warga Bangka Belitung (Babel) terus mengaktualisasikan nilai-nilai dan falsafah 4 pilar kebangsaan.

Ia berharap dengan menerapkan 4 pilar tersebut jiwa dan semangat nasionalisme di Negeri Serumpun Sebalai menjadi kuat dan kokoh.

Pesan itu disampaikan Anggota DPR RI empat periode Dapil Babel saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kabupaten Bangka baru-baru ini.

Kegiatan tersebut digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Semangat nasionalisme yang telah dimiliki masyarakat di Bangka Belitung ini sudah semestinya kita rawat terus, salah satunya kita selalu konsisten menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 45 dan NKRI,” kata Rudianto Tjen, Sabtu (20/2/2021).

Meskipun kondisi pandemi Covid-19 masih belum berakhir, menurut Rudi, sosialisasi 4 Pilar sangat penting untuk terus merawat nasionalisme bangsa dan negara.

“Karena apa yang terkandung dalam 4 Pilar kebangsaan ini merupakan tiang penyangga bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,”kata Rudi.

Selaras dengan kondisi saat ini, Rudi menegaskan rasa nasionalisme penting dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Salah satunya yang paling mendasar ialah disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Jiwa nasionalis pahlawan kita terdahulu ditunjukkan dengan bersatu berjuang melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan, maka sekarang ini kita sebagai bangsa Indonesia dengan rasa nasionalisme tinggi pula harus bersatu melawan Covid-19.” ujar Rudi.

“Caranya dengan menerapkan berbagai protokol yang telah ditetapkan. Karena, tanpa memiliki rasa nasionalisme tinggi yang didukung dengan kesadaran dan kedisiplinan tinggi pula sangat sulit untuk keluar dari kondisi pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Selain menerapkan 4 Pilar Kebangsaan, Rudi juga mengajak masyarakat, khususnya di Babel agar bisa ikut menularkan semangat dan jiwa nasionalisme di tengah-tengah masyarakat luas.

“Dan kita harapkan bersama, bahwa kita sebagai warga negara yang baik bisa ikut menyampaikan dan menularkan semangat nasionlisme kepada masyarakat luas. Dengan begitu, kita bersama-sama mewujudkan bangsa Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.” tutup politisi senior PDI Perjuangan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here