Beranda Berita Politikus PDI Perjuangan Tegaskan Semua Pihak Harus Dukung Vaksin Nusantara

Politikus PDI Perjuangan Tegaskan Semua Pihak Harus Dukung Vaksin Nusantara

44
0

Semua eleman bangsa diminta membantu, dan mendorong terwujudnya produksi vaksin Covid-19 buatan dalam negeri secara massal untuk menghentikan penyebaran pandemi Covid-19. Masyarakat diminta berpikir positif atas upaya produksi vaksin dalam negeri.

“Saya mengajak semua pihak terutama para stakeholder dan para pihak yang mengerti soal pervaksinan dan pengendalian Covid-19 untuk senantiasa berpikir positif, termasuk apapun yang berkaitan dengan penelitian,” ujar anggota Komisi IX DPR RI, Rahmat Handoyo

Penegasan Rahmad disampaikan menyusul kritik dan nyinyir sejumlah pihak tentang kehadiran vaksin nusantara yang saat ini sudah masuk tahap uji klinis fase dua.
Dia mempertanyakan pernyataan sejumlah pihak bahwa keberadaan vaksin nusantara mengada-ada, tidak kredibel bahkan dikatakan hanya akal-akalan peneliti.

Pasalnya, narasi seperti itu akan membuat masyarakat bingung. “Penelitian ini melibatkan perguruan tinggi ternama dan sudah masuk dalam list WHO. Tentu kredibilitas seperti Undip (Universitas Diponegoro), taruhanya besar bila penelitianyan tidak kredibel,” sebut anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia mempertanyakan pihak-pihak yang tidak berkompeten di bidangnya memandang kehadiran vaksin nusantara dengan cara pikir negatif.

“Soal yang menentukan apakah itu abu-abu, aman tidaknya vaksin bukan ranah akademisi. Selain itu, yang mengeluarkan persetujuan bukan seorang epidimologi,” sindirnya.

Rahmad menegaskan ada lembaga negara yang diberi tugas konstitusional untuk melakukan kajian dan penilaian serta diberi kewenangan memutuskan layak tidaknya vaksin nusantara. “Ada tugas negara lewat BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) yang diamanahkan rakyat, bertugas memutuskan layak dan tidaknya, setelah melalui uji klinis,” tegas Rahmad.

Menurutnya, berjuang bersama tidak harus menemukan vaksin, tetapi membangun narasi yang menyejukkan masyarakat. Semua elemen bangsa, bisa ambil bagian sesuai kapasitasnya masing-masing untuk mendukung penemuan vaksin dalam negeri. “Jadi bisa tidaknya efikasi (khasiat) serta aman tidaknya vaksin nusantara kita serahkan pada BPOM,” pesannya.

Terkait vaksin nusantara ini, Rahmad Handoyo mengingatkan Komisi IX DPR bersama Kementerian Kesehatan sudah menyepakati untuk mendukung semua penemuan vaksin.

“Komisi IX DPR tegas dalam kesimpulan rapat dengan Kemkes beberapa waktu lalu mendukung penemuan vaksin Merah Putih dan calon vaksin lainnya, untuk diberikan dukungan agar temuan anak bangsa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Termasuk Vaksin Merah Putih maupun yang lainnya,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here