Beranda Uncategorized RUU Cipta Kerja Obat Mujarab Pulihkan Ekonomi Indonesia

RUU Cipta Kerja Obat Mujarab Pulihkan Ekonomi Indonesia

43
0

Omnibus Law Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta kerja diharapkan mampu menjadi solusi dalam percepatan pemulihan ekonomi yang minus akibat dampak pandemic.

Ketua Dewan Pakar Indonesia Maju Institute Lukman Edy mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020, tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan, tetapi juga menekan perekonomian nasional.

“Pandemi telah menyebabkan daya beli masyarakat menurun sehingga menurunkan kemampuan konsumsi. Oleh karena itu, perlu stimulasi dari pengeluaran pemerintah, perlindungan ekonomi masyarakat dan percepatan peningkatan investasi,” kata Lukman

“Produk omnibus law menjadi salah satu strategi yang bisa diandalkan dalam rangka mitigasi risiko dari krisis ekonomi yang ditimbulkan pada masa pandemi,” sambung Lukman.

Adanya tumpeng tindih regulasi yang menghambat masuknya investasi, diharapkan kedepannya akan dapat diminimalisir untuk memastikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan berjalan sesuai harapan.
“Formula dalam omnibus law dilakukan untuk menyederhanakan, memangkas, serta menyelaraskan berbagai regulasi yang tumpang-tindih atau pun bertentangan dalam rumpun bidang yang sama,” paparnya.

Bukan hanya terkait investasi, penting juga untuk memperhatikan usaha mikro, kecil menengah dan koperasi (UMKMK).

“Sumbangsih UMKM dan koperasi yang sangat besar tersebut, harus didukung dengan regulasi yang mempermudah dan mendorong pertumbuhan hingga benar-benar menjadi penggerak perekonomian,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here