Beranda Berita Ujian Sekolah di DKI Muat Soal ‘Anies Diejek Mega’, PDIP: Sangat Memalukan!

Ujian Sekolah di DKI Muat Soal ‘Anies Diejek Mega’, PDIP: Sangat Memalukan!

82
0

Soal ujian sekolah di Provinsi DKI Jakarta memuat sebuah pertanyaan ‘Anies Diejek Mega’. PDI Perjuangan DKI Jakarta menilai soal ujian yang mengaitkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Megawati Soekarnoputri itu hal yang memalukan.

“Ini memalukan. Guru yang seharusnya menjadi contoh dan teladan malah memasukkan politik praktis dalam materi pengajarannya. Jelas ini adalah bentuk politik yang masuk institusi pendidikan. Sangat memalukan,” kata Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Ima Mahdiah

Ima meminta Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengambil tindakan tegas kepada sekolah yang membuat soal itu. Dia juga menyinggung kasus SARA di SMA 58 beberapa waktu yang lalu.

“Saya juga meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk menjatuhkan hukuman yang tegas. Jangan ada pembiaran. Jika dibiarkan seperti kasus SMA 58, tidak akan ada efek jera dan tidak akan ada kapoknya oknum-oknum itu terus melakukan politisasi di institusi pendidikan,” katanya.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta itu akan mengusulkan kepada pimpinan untuk memanggil Dinas Pendidikan DKI. Dia meminta agar persoalan ini dijelaskan dalam rapat.

“Akan saya usulkan ke pimpinan Komisi E untuk dipanggil di satu sesi rapat,” katanya.

Lebih lanjut Ima mengaku telah menerima informasi sekolah yang membuat soal tersebut. Laporan juga sudah masuk ke Sekretaris Komisi (Sekom) E, yang membidangi pendidikan.

“Sekom E sudah dapat laporan juga. Saya pribadi juga sudah. SMP 250 Cipete, ya. Guru agama SMP 250,” katanya.
Sebelumnya, beredar foto soal ‘Anies Diejek Mega’. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana membenarkan soal itu ada di sekolah Jakarta.

“Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu dan telah mengarahkan Guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi,” ujar Nahdiana.

“Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian, Anies tidak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh…” demikian bunyi pertanyaan pada soal itu.

Pada pilihan ganda terdapat empat pilihan jawaban. Pertama bertuliskan pemaaf; kedua istiqamah; ketiga sabar; dan keempat ikhlas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here