Beranda Berita Afif Nurhidayat Tegaskan Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik Akan Terus Digencarkan

Afif Nurhidayat Tegaskan Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik Akan Terus Digencarkan

7
0

Afif Nurhidayat, Bupati Kab. Wonosobo mengungkapkan komitmen Pemkab Wonosobo untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Terlebih dalam situasi pandemi global Covid-19 seperti saat ini.

Merespon hal ini, Politisi PDI Perjuangan itu memang memberikan komando untuk tiap sektor agar dituntut dalam menciptakan terobosan pada sistem pelayanan publik mereka. Sehingga ketika hal ini berjalan, harapannya dapat meminimalisir potensi penularan penyakit Covid-19 di masyarakat, namun pelayanan publik tetap dapat diberikan secara prima.

“Memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi adalah salah satu cara yang harus ditempuh Pemkab Wonosobo untuk mencapai tujuan tersebut. Terkait perihal tersebut maka dilakukan penandatanganan dokumen kesepakatan bersama, tentang pemanfaatan layanan aplikasi Grab untuk mendukung peningkatan pelayanan publik di Kab. Wonosobo,” ungkap Afif.

Menurut City Manager Grab South Central Java, Habdillah Anuraga, beberapa inovasi telah dilaksanakan oleh PT Grab Teknologi Indonesia yang bekerja sama dengan OPD di Kab. Wonosobo untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Saya memandang PT. Grab Teknologi Indonesia adalah mitra yang tepat bagi Pemkab Wonosobo. Pasalnya ini untuk memudahkan akses masyarakat terhadap pelayanan publik,” tegas Afif.

Pada bentuk kerja sama yang telah berjalan ini di antaranya terwujud terlaksananya launching Pasar Tani Online yang bekerja sama dengan Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan. Kemudian ada launching Warung Digital dan webinar pengembangan usaha di masa pandemi, yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM.

Serta layanan Grab Book, yaitu kerja sama dalam pelayanan pustaka dalam mengakses produk-produk literasi, yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses buku yang dibutuhkan, tanpa harus datang langsung ke Perpustakaan Umum.

Selanjutnya yang terakhir adalah program Co-Creation for a Smarter City meliputi bidang pengembangan UMKM dan IKM, pengembangan pariwisata dan kebudayaan, pengembangan pasar tradisional dengan sistem belanja online. Dengan demikian, diharapkan kerja sama melalui program Co-Creation for a Smarter City dapat menjadi alternatif solusi, dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Kab. Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here