Beranda Berita Bupati Etik Sesalkan Pembongkaran ODCB Keraton Surakarta

Bupati Etik Sesalkan Pembongkaran ODCB Keraton Surakarta

222
0

Kabupaten Sukoharjo – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani melakukan pengecekan penghentian pembongkaran tembok bekas Keraton kartasura di Wilayah Desa Singopuran, Kecamatan Kartasura, Jumat (8/7/2022).

Seusai mendapatkan informasi dari Camat Kartasura, Bupati Etik langsung meluncur ke lokasi dan benar adanya terjadi pembongkaran tembok bekas Keraton Kartasura.

“Ya, saya ditelfon pak camat ada pembongkaran tembok bekas Keraton Kartasura. Saya bergegas menghubungi dinas terkait untuk peninjauan langsung ke lokasi,” terang Bupati Etik.

Pengakuan dari pemilik bangunan, pembongkaran tembok tersebut ditujukan untuk memasukkan material, karena bangunan yang dia beli senilai Rp. 5 Milyar itu dikelilingi tembok batu bata bekas Keraton Kartasura.

Sebelumnya, dinas terkait sudah membuka komunikasi dengan pemilik bangunan agar tidak membongkar dulu tembok yang merupakan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang menutupi bangunan miliknya.

Bupati Sukoharjo yang juga kader PDI Perjuangan ini sangat menyayangkan tindakan yang sudah dilakukan oleh pemilik bangunan dengan membongkar tembok menggunakan alat berat tanpa komunikasi dengan dinas, kecamatan, ataupun warga.

“Sudah diberikan informasi kalau tembok itu merupakan ODCB dan kami baru komunikasi dengan provinsi, malah nekat dibongkar tanpa komunikasi dengan dinas terkait. Saya sangat menyayangkan hal ini terjadi,” tegas Bupati Etik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here