Beranda Berita Bupati Ipuk mengapresiasi stakeholder yang sukseskan gelaran Tour of Kemala 2023 di...

Bupati Ipuk mengapresiasi stakeholder yang sukseskan gelaran Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi

43
0

Kabupaten Banyuwangi kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang sport tourism nasional. Kali ini Banyuwangi menjadi lokasi perhelatan balap sepeda nasional, Tour of Kemala 2023, yang diselenggarakan berkat kolaborasi Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), dengan start-finish di Pantai Boom Banyuwangi, 7-8 Oktober 2023.

Tour of Kemala 2023 resmi dibuka oleh Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, didampingi oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wakil Ketua Umum Bhayangkari, Evi Agus Andrianto, Ketua Pengurus Yayasan Bhayangkari Diana Ahmad Dofiri, dan Sekjen PB ISSI Parama Nugroho.

Ajang ini diikuti oleh lebih dari 1.400 peserta dari dalam dan luar negeri, termasuk atlet nasional dan internasional; belum termasuk kru dan pendamping. Total ada 4.000 orang dari luar Banyuwangi menyerbu kabupaten ujung timur Jawa tersebut sejak beberapa hari terakhir.

Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo mengapresiasi penyelenggaraan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi, yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Ia berharap acara ini dapat menjadi ajang promosi pariwisata dan olahraga sepeda di tanah air.

“Tour of Kemala 2023 ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pengembangan olahraga sepeda di Indonesia. Kami berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang telah mendukung penuh acara ini dan menyediakan lokasi yang sangat indah dan menantang untuk para peserta,” kata Juliati.

“Kami juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah bersemangat mengikuti Tour of Kemala 2023 ini. Semoga acara ini berjalan lancar, aman, dan sukses,” tambahnya.

Dia menambahkan, Tour of Kemala, diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan untuk dilakukan di berbagai wilayah Indonesia dengan dukungan PB ISSI. Ajang tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit unggul atlet sepeda nasional melalui kategori race.

Sementara Bagi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, event ini menjadi berkah tersendiri karena ribuan orang datang ke Banyuwangi.

“Dengan event ini, ribuan orang datang ke Banyuwangi. Dampaknya penginapan penuh, tidak hanya hotel, namun homestay-homestay milik warga full booking. Demikian juga dengan restoran, kuliner, dan warung-warung masyarakat,” kata Ipuk.

“Terima kasih telah memilih Banyuwangi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Tour of Kemala. Selamat datang di Banyuwangi, dan selamat bertanding untuk menjadi yang terbaik. Usai bertanding silahkan nikmati berbagai destinasi dan kuliner yang ada di Banyuwangi,” tambah Ipuk.

Pada hari pertama, digelar nomor Bicycle Race 128 kilometer (untuk partisipan profesional tingkat nasional/internasional). Ada 417 yang ikut serta dalam nomor tersebut, termasuk 13 peserta dari lima negara, yaitu China, Thailand, Prancis, Malaysia, dan Filipina.

Start dimulai dari Pantai Boom Marina, lalu peserta mengayuh sepedanya melewati jalanan yang menurun dan beberapa tanjakan, dengan rute sangat menantang.

Tour of Kemala 2023 dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori race dengan jarak 128 kilometer dan kategori fun bike dengan jarak 55 kilometer. Para peserta akan melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti, Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren hingga Bandara Blimbingsari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here