Beranda Berita Bupati Ony menginstruksikan kepala desa agar alokasikan tempat sampah pilah

Bupati Ony menginstruksikan kepala desa agar alokasikan tempat sampah pilah

76
0

Lingkungan yang bersih menjadi salah satu prasyarat masyarakat hidup dengan sehat. Komitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan, terlihat dari aksi bersih kali yang dilaksanakan di bantaran Kali Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, pada Rabu (23/8/2023) pagi.

Aksi bersih kali tersebut, diikuti ratusan peserta. Berbagai elemen masyarakat ikut terlibat memungut sampah yang berserak di sepanjang bantaran kali Walikukun. Tidak terkecuali Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, yang tak risi mencemplung kali demi membersihkan sampah di bantaran.

Bupati Ony menerangkan, gagasan membersihkan kali berawal dari temuannya saat melintas jembatan kali Walikukun. Bupati Ony terkaget, dengan banyaknya sampah yang berserak di bantaran kali. Kondisi tersebut jelas mempengaruhi kesehatan masyarakat jika dibiarkan.

Bupati Kader PDI Perjuangan tersebut lantas berinisiasi untuk membuat gerakan bersih kali. Bersama camat setempat dan OPD terkait, inisiasi tersebut lantas direalisasikan.

“Sebelumnya kita melihat, di situ ada banyak sekali sampah. Kemudian saya panggil Pak Camat dan Pak Kadin LH. Ini pasti ada yang salah terkait pengelolaan sampah,” kata Bupati Ony kepada pdiperjuangan-jatim.com.

Upaya membersihkan kali Walikukun tidak berhenti pada pemungutan sampah serentak. Tetapi juga ditindak lanjuti dengan penyiapan tempat pembuangan sampah 3 warna (organik, non organik, limbah).

Bupati Ony menyatakan, TPS 3 warna tersebut sebelumnya tidak berjalan optimal. Setelah serangkaian kegiatan bersih kali, TPS 3 warna akan dioptimalkan kembali. Seiring berjalan, edukasi terhadap masyarakat juga ditingkatkan.

“Kita terus edukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, memberikan tempat sampah-tempat sampah,” kata Bupati Ony.

Di samping itu, Bupati Ony juga memerintahkan kepada kepala desa agar mengalokasikan tempat sampah pilah. Itu untuk memisahkan sampah organik dan an organik. Termasuk juga digiatkan kembali Bank Sampah.

“Sehingga masyarakat bisa teredukasi secara optimal,” harap Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.

Adapun dalam giat bersih kali Walikukun tersebut, diikuti unsur pelajar di Widodaren, relawan, dan warga sekitar bantaran kali. Hadir juga dalam kegiatan itu, anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan, Agung Rezkina Pramesti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here