Beranda Berita Bupati Wonosobo Ingatkan Bahayanya Terbangkan Balon Udara

Bupati Wonosobo Ingatkan Bahayanya Terbangkan Balon Udara

217
0

Kabupaten Wonosobo – Tradisi menerbangkan balon udara dengan ukuran besar pada perayaan Hari Raya Idul Fitri, sudah menjadi kebiasaan turun-temurun di masyarakat Wonosobo. Mengingat potensi bahaya yang ditimbulkan terhadap lalu lintas penerbangan, PT AirNAv Indonesia melakukan audensi dengan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Jumat (8/4/2022), di Ruang Rapat Pringgitan.

Saat menerima audensi, Bupati Afif Nurhidayat dalam arahannya menegaskan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tradisi menerbangkan balon dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

Upaya tersebut tidak dimaksudkan untuk menghilangkan tradisi yang sudah ada. Namun lebih menyadarkan masyarakat mengingat aktivitas tersebut beresiko menjadi sarana penyebaran Covid-19 dan mengganggu jalur penerbangan udara.

Untuk itu, Afif menginstruksikan, kepada OPD terkait untuk gencar melakukan sosialisasi baik melalui platform media sosial, Web TV, media cetak, dan online guna menghimbau kepada masyarakat agar tidak menerbangkan balon udara secara liar.

Di Wonosobo tradisi menerbangkan balon udara memang ada secara turun temurun. Warga tak mau tradisi unik ini hilang begitu saja. Pemkab tak melarang masyarakat melakukan tradisi tersebut.

“Tetapi lakukanlah sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu tidak menerbangkan balon secara liar. Selain itu juga perlu dipahamkan agar masyarakat tidak multi tafsir memahami peraturan yang ada,” tegasnya.

Intinya, menurut Bupati, proses sosialisasi dimaksudkan agar adanya pengertian dan kesadaran dari warga Wonosobo akan pentingnya keselamatan penerbangan yang aman dan terkendali.

Hadir dalam audensi tersebut Wakil Bupati M Albar, Plt. Asisten Pemerintahan Sekda, Bagian Prokompim Setda, Diskominfo, Disperkimhub dan Satpol PP Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here