Beranda Berita Giatkan Pariwisata dengan ‘Work from Sleman’

Giatkan Pariwisata dengan ‘Work from Sleman’

7
0

Dunia pariwisata sekarang secara perlahan sudah mulai menunjukkan tren positif dalam kondisi pandemi Covid-19. Ada beberapa tempat pariwisata, hotel dan desa wisata mulai dikunjungi wisatawan. Agar sektor pariwisata lebih menggeliat, perlu adanya gerakan ‘Work from Sleman’.

Anggota DPRD Kabupaten Sleman dari Fraksi PDI Perjuangan B Ari Murti SE mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempunyai wacana program ‘Work from Bali’ untuk meningkatkan ekonomi di sektor pariwisata. Seharusnya Kabupaten Sleman juga berani membuat gerakan ‘Work from Sleman’.

“Sleman itu juga banyak tempat wisata, hotel, desa wisata maupun pendukung sektor pariwisata lainnya. Saya rasa, akan lebih baik bila Pemkab Sleman juga mempunyai gerakan ‘Work from Sleman’,” kata Ari Murti, Kamis (27/5/2021).

Melalui gerakan ini, pemerintah mengimbau kepada dinas, BUMD, kementerian, BUMN maupun perusahaan swasta untuk bisa menyelenggarakan acara atau pertemuan di Sleman. Dengan harapan tingkat kunjungan di hotel-hotel, desa wisata dan tempat wisata kembali meningkat.

“Khususnya bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD bisa membuat acara rapat di restoran, hotel maupun desa wisata. Supaya roda perekonomian di sektor pariwisata cepat pulih kembali seperti sedia kala,” ucap anggota Komisi B DPRD Sleman ini.

Kemudian, pelaku pariwisata seperti hotel, desa wisata, restoran dan lainnya, didorong membuat program yang menarik supaya ‘Work from Sleman’ bisa terwujud. Selain itu sarana dan prasana juga tak kalah penting untuk dipersiapkan.

“Orang berkunjung tentunya ada ketertarikan dulu terhadap tempat yang akan diperuntukkan untuk acara. Makanya pelaku wisata perlu inovasi dan kreatif untuk membuat daya tarik supaya gerakan ‘Work from Sleman’ sukses,” pinta Ari.

Hal yang tak kalah penting, bagaimana menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan ‘Work from Sleman’. Dalam setiap acara harus menerapkan jaga jarak, mencuci tangan, mengecek suhu tubuh dan tempat selalu disemprot disinfektan sehabis digunakan.

“Bagi pekerja dari luar daerah juga harus membawa surat bebas Covid-19. Tujuannya, ‘Work from Sleman’ ini nantinya tidak menimbulkan klaster baru,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here