Beranda Berita Ina Ammania Tegaskan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan Bagi Masa Depan Bangsa

Ina Ammania Tegaskan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan Bagi Masa Depan Bangsa

123
0

Anggota DPR RI Komisi VIII dari fraksi PDI Perjuangan dapil Jawa Timur 7 yang meliputi Kabupaten Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Magetan, dan Pacitan, Ina Amania terjun ke sekolah untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan pada Rabu (29/3/2023) sebagai bukti nyata dalam mengedukasi anak-anak bangsa mengenai kenegaraan di sekolah.

MA Sunan Kali Jogo, dipilih sebagai tempat untuk mengedukasi para peserta didik yang berlokasi di Dusun Bandem Kecamatan Kendal Kab.Ngawi. Ina Ammania di hadapan, Kepala Sekolah MA Sunan Kali jogo Guru, Tata Usaha, dan peserta didik menyampaikan urgensi empat pilar kebangsaan perlu ditanamkan kepada para peserta didik di sekolah sebagai iron stock dan agent of change yaitu pemimpin Indonesia yang akan membuat perubahan besar di masa mendatang.

“Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal IKA harus melekat pada diri kita. Empat Pilar ini yang akan mengokohkan bangsa untuk mampu menjadi bangsa yang besar dan Berdikari (Berdiri diatas kaki sendiri). Masa depan bangsa ini ada di tangan kalian para intelektual yang terus belajar untuk memimpin bangsa ini dimasa mendatang,” ungkapnya dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Penyampaian materi yang cukup menarik ini mendapat antusiasme yang tinggi dari peserta didik. Keingintahuan para peserta didik mengenai Empat Pilar Kebangsaan yang langsung dihadiri oleh Anggota DPR RI menjadi ketertarikan sendiri. Peserta didik menyimaknya dengan penuh khidmat diiringi juga pencatatan di buku tulis masing-masing.

Ina Ammania mengemukakan bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak hanya ditentukan oleh suksesnya dalam belajar di sekolah, namun yang lebih penting adalah bagaimana rasa nasionalisme dan jiwa persatuan terjalin dengan erat, sehingga menghilangkan gaya hidup yang bersifat dan berkarakter egoisme.

“Sebab sikap egoisme itu justru akan meruntuhkan sikap gotong royong, yang berujung pada perpecahan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari empat pilar ini mengajarkan untuk memiliki akhlak yang baik dan berbudi pekerti yang luhur seperti, berbakti kepada kedua orang tua, guru dan juga mempunyai sopan santun dan tata krama yang baik serta menghormati satu sama lain. Motivasi dari empat pilar ini untuk kita lebih baik lagi dari yang sebelumnya dan juga lebih berprestasi lagi dalam hal apapun,” ungkapnya.

Pemaparan ini sangat menyentuh hati para peserta didik. Menjadi bahan refleksi diri masing-masing untuk memikirkan bangsa ini kedepannya secara bersama-sama. Salah satu peserta didik yang menjadi audiens dalam kegiatan ini pun bertanya bagaimana cara mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ina Ammania memberikan tepuk tangan dan ucapan terimakasih atas pertanyaan yang luar biasa sebagai bentuk apresiasi kepada penanya.

“Mari kita berikan tepuk tangan ke pada penanya. Terimakasih atas pertanyaan yang luar biasa implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan menjalankan syariat agama sesuai kepercayaan masing-masing, peduli terhadap orang lain, bergotong-royong dalam kebaikan, jika ada perselisihan dapat diselesaikan dengan musyawarah, dan berlaku adil kepada siapapun,” pungkasnya.

Sebagai penutup dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di MA Sunan Kali Jogo, Ina Ammania menitipkan harapan yang besar kepada para peserta didik untuk memegang teguh Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupannya.

“Semua persoalan kehidupan pada negara ini, solusinya sudah ada pada Empat Pilar Kebangsaan. Hanya tinggal bagaimana mengamalkannya saja dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, berpegang teguhlah pada Empat Pilar Kebangsaan dan implementasikanlah di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat. Semoga di masa mendatang ada pemimpin yang lahir dari kegiatan ini yang telah belajar dan mengamalkan Empat Pilar Kebangsaan,” ujarnya dalam menutup Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here