Beranda Berita Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Berlanjut di 2021

Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Berlanjut di 2021

72
0

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara memastikan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tetap akan berjalan di 2021. Pasalnya, pemerintah melihat dampak pandemi Covid-19 belum sepenuhnya mereda.

“Bantuan sosial tunai kita akan jalankan di bulan Januari 2021. Namun saat ini memang masih kita anggarkan dari Januri ke Juni saja,” ujar Juliari

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, penyaluran BST masih terus berjalan hingga Desember 2020. Dari total anggaran Rp32,4 triliun, realisasi bansos jenis ini telah mencapai Rp25,8 triliun. Ia pun optimis penyerapan anggarannya memenuhi target 100 persen.

“Insya Allah ini tidak akan menemukan kendala untuk peneyrapan 100 persen,” jelas Juliari.

Sementara itu, sejumlah bansos reguler lain akan terus disalurkan pada 2021 mendatang, di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Untuk yang reguler (PKH-BPNT) (disalurkan) tentunya sepanjang tahun, Januari -Desember 2021 dengan indeks dan target yang sama,” jelas Juliari.

Menurut Juliari, sebagaimana arahan Presiden Jokowi, anggaran bansos harus fleksibel dengan melihat kondisi yang ada. Dengan demikian program-program yang ada nanti bisa disesuaikan kembali bila dianggap perlu.

“Semoga program dari pemerintah pusat ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya khsusnya bagi yang terdampak pandemi Covid-19,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here