Beranda Berita PDI Perjuangan DKI Setuju SIKM Jakarta Diterapkan Sebagai Alat Kontrol

PDI Perjuangan DKI Setuju SIKM Jakarta Diterapkan Sebagai Alat Kontrol

23
0

PDI Perjuangan DKI Jakarta setuju surat izin keluar-masuk Jakarta (SIKM) digunakan saat larangan mudik Lebaran 2021. SIKM disebut sebagai alat kontrol pergerakan di Jakarta.

“Iya, SIKM sebagai alat kontrol pergerakan keluar masuk Jakarta,” ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, Minggu (28/3/2021).

Selain itu, Gembong juga mengatakan penerapan SIKM selaras dengan kebijakan larangan mudik pada Lebaran 2021.

“Kebijakan itu selaras dengan kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik lebaran tahun 2021 yang akan datang,” kata Gembong.

Diketahui, pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021 mulai 6 hingga 17 Mei. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan untuk SIKM masih menunggu rujukan aturan dari pemerintah.

Awalnya, Anies menjelaskan bahwa pihaknya sudah memiliki aturan tentang pengendalian pergerakan penduduk sejak tahun lalu. Aturan itu, kata Anies, tertuang dalam Pergub Nomor 47 tahun 2020.

“Kalau kami tuh dari dulu, dari tahun lalu, sudah punya aturan kami di DKI tuh sudah punya aturan bahwa pada masa Lebaran ada pengendalian pergerakan penduduk itu, Pergub Nomor 47 Tahun 2020,” kata Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (28/3/2021).

Anies menerangkan saat ini pihaknya masih menunggu ada atau tidaknya aturan baru dari pemerintah mengenai larangan mudik Lebaran ini. Namun untuk SIKM di Jakarta, Anies mengatakan sejatinya peraturan itu memang sudah digunakan sejak tahun lalu.

“Tahun ini kita lihat apakah kita menggunakan Pergub yang sama atau nanti ada aturan baru dari pemerintah pusat yang menjadi rujukan, tapi kami dari tahun lalu sudah ada itu, anda ingat kan SIKM?” kata Anies.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here