Beranda Berita Walikota Jaya Negara Berbagi Pengalaman Pimpin Birokrasi di Masa Pandemi Covid-19

Walikota Jaya Negara Berbagi Pengalaman Pimpin Birokrasi di Masa Pandemi Covid-19

185
0

DENPASAR, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara didapuk menjadi pembicara pada pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Camat Pemkot Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), di Sanur, Rabu (9/3).

Pada kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara berbagi pengalaman memimpin birokrasi di masa pandemi Covid-19. Hadir Walikota Salatiga Yulianto, Wakil Walikota Salatiga Muh Harris, Sekda Kota Salatiga Wuri Pujiastuti, serta kepala OPD dan camat di lingkungan Pemkot Salatiga. Hadir pula Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Walikota Jaya Negara mengapresiasi dipilihnya Kota Denpasar sebagai lokasi studi banding kegiatan. Momentum ini bisa menjadi embrio terbangunnya konektifitas antara Denpasar dan Salatiga.

“Kita tentu sangat sepakat bahwa terwujudnya good governance menjadi harapan besar dalam mengelola birokrasi dengan berbagai dinamika tuntutan layanan masyarakat,” kata Walikota Jaya Negara.

Perkembangan global di era revolusi industri dengan derasnya arus transformasi teknologi saat ini memaksa mesin birokrasi untuk adaptif. Juga menjadi tantangan cukup menarik dalam mengakselerasi tata kelola kepemerintahan. Terlebih lagi dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang berdampak luas ke seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat

“Kondisi ini saya kira mengharuskan birokrasi untuk terus meng-upgrade kualitas kompetensinya, sehingga selalu siap menjawab tuntutan layanan masyarakat. Adaptasi dapat dilakukan dengan memberikan pengembangan kompetensi sehingga terbangun inovasi baru dalam menerjemahkan tuntutan layanan masyarakat,” ujar Walikota Jaya Negara.

“Di Kota Denpasar seluruh aparatur didorong untuk ‘meretas batas’ dalam bekerja di situasi saat ini. Tidak ada batasan ruang dan waktu untuk berkinerja mengakselerasi tuntutan layanan masyarakat. Dengan kerja kolaboratif saya dorong perangkat daerah untuk menggali potensi-potensi ekonomi non pariwisata,” tandas Walikota Jaya Negara.

“Kami berharap, kegiatan ini secara teknis dapat berkelanjutan untuk mendukung pertukaran inovasi dan strategi dalam memimpin kota di masa pandemi saat ini. Tentu muaranya adalah kemajuan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” kata Walikota Jaya Negara.

Walikota Salatiga Yulianto, mengatakan pelatihan ini bertujuan mengembangkan kompetensi PNS khususnya JPT Pratama dan camat di Kota Salatiga.

“Muara dari kegiatan ini adalah meningkatkan IP ASN Pemkot Salatiga, serta saling tukar inovasi antara Pemkot Denpasar dan Pemkot Salatiga guna mendukung kemajuan kedua daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” ucap Walikota Yulianto.

Di akhir sesi, Walikota Jaya Negara bersama Walikota Yulianto serta Wawali Muh Harris, Sekda Wuri Pujiastuti serta Sekda Alit Wiradana bertukar cenderamata dan foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here