Beranda Uncategorized Bertemu Para Seniman Ponorogo, Johan Budi Bakal Perjuangkan Reog Masuk UNESCO

Bertemu Para Seniman Ponorogo, Johan Budi Bakal Perjuangkan Reog Masuk UNESCO

226
0

PONOROGO – Dalam kunjungan kerjanya ke Ponorogo, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil VII Jawa Timur, Johan Budi Sapto Pribowo, bertemu para seniman reog, Sabtu (15/1/2022). Di hadapan para seniman itu, Johan Budi menyampaikan komitmennya untuk memperjuangkan kesenian reog bisa masuk Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO.

Meskipun hujan mengguyur dengan deras, tak menyurutkan antusias para seniman reog dalam menyambut mantan jubir KPK itu. Mereka berjejer di Jalan Puspowarno bersama Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita.

Johan Budi terlihat takjub ketika mendapatkan sambutan yang begitu meriah dengan dinaikkannya ke dadak merak bersama Bupati Sugiri.

“Ya luar bisa kesenian reog ini. Dadak meraknya sudah berat, tapi masih kuat menopang saya di atasnya. Dan kesenian ini bisa menyatukan rakyat Ponorogo dari atas sampai bawah. Kesenian ini sangat melekat sejak dari dunia anak–anak di masyarakat Ponorogo,” ucap Johan Budi.

“Saya tidak keliling dunia, namun pernah ke beberapa negara dan kedutaan besar seperti di Jepang, Australia; semua ada reognya. Ini mengartikan kesenian reog ini juga membanggakan. Jadi, pantas diperjuangangkan bersama-sama,” lanjutnya.

Acara rembugan tersebut digelar bersama seniman reog di Ponorogo untuk mendengarkan keinginan masyarakat Ponorogo agar reog bisa diakui dunia sebagai warisan budaya dunia. Bahkan, Ketua DPR RI, Puan Maharani digaet untuk dijadikan brand ambassador reog Ponorogo.

“Sebelum acara ini saya bertemu dengan tokoh reog dan bupati agar Ketua DPR RI Puan Maharani bisa menjadi brand ambassador reog Ponorogo. Dan beliau sanggup,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Sugiri. Ia senang menyambut kedatangan Johan Budi untuk mengupayakan hal tersebut. Bahkan, Bupati Sugiri siap menyambut kedatangan Ketua DPR RI Puan Maharani di Ponorogo Februari mendatang.

“Kami akan siapkan acara rembug reog sekaligus mengukuhkan Mbak Puan Maharani menjadi brand ambassador reog Ponorogo. Ini nilai yang luar biasa,” tutur Bupati Sugiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here