Beranda Berita Bupati Hanindhito Himawan menyerahkan dana hibah pilkada 2024 senilai Rp 99,4 miliar...

Bupati Hanindhito Himawan menyerahkan dana hibah pilkada 2024 senilai Rp 99,4 miliar sebagai wujud komitmen jaga pesta demokrasi

49
0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri telah menyerahkan dana hibah sebesar Rp 99,4 miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dilakukan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu.

“Dana hibah sudah diserahkan Kamis kemarin. Pemberian dana hibah ini sebagai wujud komitmen dan dukungan Pemkab Kediri, supaya jalannya penyelenggaraan pilkada mendatang berjalan lancar,” kata Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, Minggu (12/11/2023).

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito tersebut mengatakan, dana hibah yang diberikan kepada KPU maupun Bawaslu diharapkan dapat digunakan dengan baik sebagaimana mestinya.

“Harapan besar saya terutama tingkat partisipasinya (masyarakat) bisa meningkat, maka ini kerja dari penyelenggara sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Dana hibah sebesar Rp 99,4 miliar itu diberikan Pemkab Kediri dengan rincian kepada KPU sebesar Rp 78.797.300.000 dan Bawaslu Rp 20.698.453.000.

Mas Dhito menyebut, pesta demokrasi itu tidak hanya sekadar memilih pemimpin, namun bagaimana tetap menjaga kondusivitas di daerah.

Untuk itu, diperlukan Kerja keras termasuk dari penyelenggara pemilu.

“Pada Pemilu Serentak 2024 nanti, semoga tidak sampai terjadi polarisasi. Sebagai kepala daerah, saya berusaha menjalin komunikasi dengan partai politik untuk berkomitmen menjaga kondusivitas pelaksanaan pemilu, termasuk menghindari munculnya kegaduhan,” ungkapnya.

Selama pemilu serentak mendatang, pihaknya berharap tidak sampai terjadi korban dari penyelenggara pemilu karena kelelahan akibat proses yang panjang.

Untuk itu, Mas Dhito telah meminta disiagakan mobil siaga desa pada hari H pemilihan sampai H+2.

“Rumah sakit juga saya minta standby untuk dokter dan ambulansnya,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here