Beranda Berita Bupati Nina Agustina berharap sektor perikanan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indramayu

Bupati Nina Agustina berharap sektor perikanan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indramayu

47
0

Sektor Perikanan dan kelautan merupakan 14 program dari 99 program perioritas Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang menjadi perhatian serius.

Untuk mendukung pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Indramayu tersebut, salah satunya melalui pengembangan budidaya perikanan air tawar dengan melibatkan Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Indramayu yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Sejak tahun 2021 hingga 2023 ini, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina melalui kebijakannya telah menyalurkan bantuan kepada 94 Pokdakan dengan nilai 2,1 miliar.

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina melalui Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi menjelaskan, kebijakan pada sektor perikanan dan kelautan pada 99 program perioritas Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina menunjukkan keberpihakan dan komitmen untuk terus mengembangkan sektor andalan di Kabupaten Indramayu tersebut.

Menurut Edi, setiap tahun dianggarkan untuk pemberian bantuan kepada Pokdakan berupa bibit/benih, pakan, dan bibit rumput laut. Bantuan tersebut merupakan stimulus kepada Pokdakan untuk bisa mengembangkan usaha perikanannya sehingga bisa menghasilkan produksi perikanan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Setiap tahun melalui kebijakan bupati kita berikan bantuan kepada Pokdakan agar mereka terus mengembangkan usaha perikanan budidaya. Ini merupakan upaya kita bersama untuk meningkatkan produksi perikanan yang diharapkan dapat bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Edi kepada Diskominfo, Selasa (14/11/2023).

Edi merinci, pada tahun 2023 ini bantuan diberikan kepada 34 pokdakan yang tersebar di 13 kecamatan dengan nilai 849 juta, kemudian pada tahun 2022 lalu bantuan juga diberikan kepada 41 kelompok yang tersebar di 17 kecamatan dengan nominal 979 juta. Sedangkan pada tahun 2021 bantuan diberikan kepada 19 kelompok dari 7 kecamatan dengan nilai 330 juta.

“Sejak 2021 hingga 2023 ini total sudah 94 pokdakan yang menerima bantuan dengan nilai 2,1 miliar,” katanya.

Sementara itu Ketua Pokdakan Desa Plawangan Kecamatan Bongas, Nurudin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina karena bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina, wilayah Kecamatan Bongas kini mempunyai sektor perikanan untuk terus dikembangkan dan menjadi andalan kami,” kata Nurudin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here