Beranda Berita Bupati Imron Rosyadi berharap lomba Inovasi Daerah 2023 dapat menjadi pemicu semangat...

Bupati Imron Rosyadi berharap lomba Inovasi Daerah 2023 dapat menjadi pemicu semangat untuk terus berkarya dan berinovasi

45
0

Pemeritah Kabupaten Cirebon melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) memberikan penghargaan kepada 12 inovator yang menjuarai Lomba Inovasi Daerah Tahun 2023.

Dalam lomba tersebut, 12 inovator tersebut menyabet tiga kategori. Kategori itu yakni, inovasi teknologi, inovasi non teknologi, dan inovasi favorit.

Bupati Cirebon, H Imron mengapresiasi kepada seluruh warga maupun satuan perangkat daerah (SKPD) yang sudah menciptkan inovasi. Hal tersebut pun merupakan bagian dari upaya memajukan Kabupaten Cirebon.

“Kabupaten Cirebon memiliki banyak potensi. Siapapun yang mau menggali dan melahirkan inovasi, maka daerah ini pasti maju,” kata Imron usai memberikan penghargaan kepada juara lomba inovasi daerah 2023 di salah satu hotel di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (14/11).

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cirebon, Dangi mengatakan, sampai saat ini jumlah inovasi daerah Kabupaten Cirebon yang masuk ke dalam sistem informasi Innovative Government Award (IGA) sebanyak 46.

Menurut Dangi, target pencapaian indeks inovasi daerah Kabupaten Cirebon pada 2023 ini sebesar 57,21. Sementara tahun lalu, indeks tersebut masih bertengger di angka 55,27.

“Kabupaten Cirebon berada dalam urutan ke-82 kabupaten se-Indonesia dan urutan ke-5 di Jawa Barat,” kata Dangi.

Meskipun begitu, pencapaian tersebut dirasa belum optimal dan perlu pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cirebon.

Disebutkan Dangi, tujuan dari inovasi daerah adalah untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan berpedoman pada prinsip peningkatan efisiensi. “Semestinya, pembangunan di daerah, pemberdayaan maupun dalam tata kelola pemerintahan atau pelayanan publik itu harus ada inovasi,” kata Dangi.

“Kita semua harus keluar dari yang selama ini hanya rutin-rutin saja dan keluar dari zona nyaman. kita harus melakukan inovasi yang kreatif supaya ada perubahan,” sambungnya.

Melalui lomba tersebut, diharapkan menjadi satu momen pemicu semangat untuk terus berkarya dan berinovasi menyelesaikan segala macam hambatan yang dihadapi Kabupaten Cirebon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here