Beranda Berita Bupati Ipin menekankan kedekatan program pelayanan Mening Deh

Bupati Ipin menekankan kedekatan program pelayanan Mening Deh

52
0
Bupati trenggalek, Mochammad Nur Arifin menggagas program layanan Makaryo Ning Desa, Desa Hebat, disingkat “Mening Deh”. Program ini untuk meningkatkan layanan kepada warga dan juga memberikan keterampilan dalam bertani dan beternak, hingga ke pelosok desa melalui pelatihan .
Inilah  kegiatan program Makaryo Ning Desa-desa hebat  atau “Mening Deh”, yang diadakan  seminggu sekali,  pada  setiap hari Rabu, di sejumlah  desa, di  Trenggalek. Dalam kegiatan ini ada 30 lebih layanan diberikan untuk warga, mulai  layanan dari Instansi Pemerintahan, Perbankan, hingga kepolisian. Jenis layanan untuk warga desa  ini meliputi pelayanan kependudukan, dan catatan sipil, perizinan, kesehatan, pajak, pertanian, pertanahan, dan  layanan lain. Selain itu juga terdapat layanan BPJS, Perbankan,  pembuatan SKCK, juga layanan laporan ke polisi.
Warga menyambut  antusias program  “Mening Deh”  ini, karena mereka mendapatkan layanan kebutuhan Administrasi Kependudukan, Kesehatan, Izin UMKM, hingga pajak dengan mudah, dan dekat dengan tempat tinggal.
Kedekatan program pelayanan, kepada warga ini dinilai sebagai kunci indikator kinerja para  perangkat daerah. Dalam program “Mening Deh” ini,  juga membekali  warga, dengan  ketrampilan dan keahlian dalam pertanian,  serta peternakan melalui pelatihan.
Ide awal Inovasi Program “Mening deh” ini, berawal dari  keingingan Bupati Trenggalek,  Mochammad Nur Arifin berkantor di desa setiap pekan.  Saat  menginap di rumah warga, setiap pekan Bupati Nur Arifin menampung berbagai  keluhan warga, secara langsung. Adanya program “Mening deh” ini, diharapkan bisa bermanfaat  untuk warga. Selain itu, program ini juga mampu memberantas pungutan liar atau Pungli dan praktik calo dalam perijinan.
Kini warga desa bisa memanfaatkan layanan tanpa harus jauh-jauh dan nengeluarkan biaya tambahan, ke kota. Harapannya, program layanan jemput  bola, ke Desa ini semakin ditingkatkan kualitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here