Beranda Berita Gatot Sebut TNI Terlihat Seperti Era Orba, Legislator PDIP: Halusinasi

Gatot Sebut TNI Terlihat Seperti Era Orba, Legislator PDIP: Halusinasi

91
0

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo menilai TNI saat ini terlihat seperti saat era Orde Baru (Orba). Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Charles Honoris menilai Gatot Nurmantyo sedang berhalusinasi.

“Pak Gatot sebagai mantan Panglima TNI justru seperti sedang berhalusinasi di siang bolong. Atau mungkin Pak Gatot sedang membicarakan hasratnya ketika memimpin dulu untuk membawa institusi TNI ke ranah politik praktis?” kata Charles Honoris

Charles yang merupakan Anggota Komisi I DPR RI menepis pernyataan Gatot Nurmantyo. Ia menilai kinerja TNI saat ini justru semakin profesional.

“Sebagai anggota Komisi I yang bertugas mengawasi kinerja TNI kok saya tidak melihat hal itu terjadi ya. Menurut penilaian kami TNI semakin hari semakin profesional menjalankan tugasnya sebagai alat pertahanan negara,” ujarnya.

“Justru hari ini TNI semakin menunjukkan jati dirinya sebagai penjaga kedaulatan, konstitusi dan ideologi negara ketika adanya ancaman. TNI sudah bekerja profesional sesuai dengan kewajibannya dalam UU No 34,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Charles mempertanyakan aspek mana yang membuat TNI saat ini dinilai Gatot mirip dengan TNI di masa Orde Baru. Sebab, menurutnya, TNI di masa Orde Baru terlibat politik praktis dan menduduki tempat di lembaga eksekutif dan legislatif.

“Di era Orde Baru TNI terlibat politik praktis. Perwira aktif TNI jaman itu juga menduduki jabatan-jabatan di eksekutif dan legislatif. Mereka duduk sebagai bupati, walikota, gubernur bahkan anggota DPR. Sekarang kan tidak. Jadi saya bingung bagian mananya dari TNI yang dianggap kembali ke Orde Baru?,” katanya.

Dihubungi secara terpisah, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Tb Hasanuddin heran dengan pernyataan Gatot Nurmantyo. Ia pun meminta Gatot untuk menjelaskan persamaan yang dimaksudnya.

“Saya minta supaya GN menjelaskan apa samanya?” kata Hasanuddin.

Diberitakan sebelumnya, Presidium KAMI Gatot Nurmantyo menyampaikan penilaiannya tentang kinerja TNI. Eks Panglima itu menilai TNI kini terlihat seperti era Orde Baru. Bagi Gatot, TNI sudah berubah sebagai alat propaganda politik pemerintah.

“Kalau kita melihat perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini ada warning, peringatan, bahwa TNI telah terlihat menjadi seperti pada tahun Orde Baru yang lalu,” papar Gatot

Gatot bahkan melontarkan dugaan ada sejumlah pihak yang berusaha menggiring TNI berpolitik. Baginya, tindakan itu bisa membuat TNI jatuh pada titik terendah.

“Inilah yang dulu menyebabkan ABRI jatuh pada titik paling rendah,” ucap Gatot

Gatot kemudian mendorong TNI dijaga profesionalismenya. Baginya, tugas itu bukan hanya menjadi tugas anggota TNI saja, melainkan juga tanggung jawab semua pihak di luar TNI. “Menjaga profesionalisme TNI bukan tanggung jawab TNI, tapi seluruh komponen bangsa,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here