Beranda Berita Gelar Festival Fish Market, Bupati Ipuk Tegaskan Bentuk Uapaya Dorong Potensi Perikanan

Gelar Festival Fish Market, Bupati Ipuk Tegaskan Bentuk Uapaya Dorong Potensi Perikanan

71
0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi kembali menggelar Banyuwangi Fish Market Festival yang dipusatkan di kawasan Kampung Mandar Banyuwangi.

Festival yang berlangsung sejak 31 Juli 2023 itu akan diisi berbagai kegiatan. Di antaranya, workshop kuliner dan edukasi oleh persatuan chef profesional Indonesia Banyuwangi, pameran produk olahan perikanan, dan pasar ikan segar.

“Festival ini merupakan salah satu upaya untuk mengangkat potensi perikanan daerah yang sangat besar. Nelayan yang awalnya hanya menjual ikan segar dengan margin sedikit, kini bisa mendapat keuntungan lebih besar dengan mengolah ikan tersebut,” ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Jumat (04/08/2023).

Menurut Bupati Ipuk, Banyuwangi telah meningkatkan konsumsi ikan secara signifikan dari tahun 2021 di angka 61,25 kg per kapita, menjadi 63,57 kg per kapita pada tahun 2022. Hal tersebut menempatkan Banyuwangi sebagai kabupaten/kota terbaik dalam peningkatan konsumsi ikan di Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kampung Mandar sebagai pusat kuliner ikan dan mudah-mudahan berdampak pada kesejahteraan nelayan di Kampung Mandar,” jelas politisi PDI Perjuangan itu.

Fish Market di Kampung Mandar selama ini dikenal sebagai lokasi kuliner seafood yang dekat dengan Pantai Boom. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan kawasan ini menjadi jujugan wisatawan yang ingin merasakan kuliner ikan segar.

Pengunjung dapat berburu ikan segar hasil tangkapan para nelayan di pasar ikan segar. Ada berbagai jenis ikan yang bisa dipilih, seperti kerapu, baronang, cakalang, kakap, dan lainnya. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp35 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram.

Setelah membeli ikan segar, pengunjung bisa langsung memasaknya di warung kuliner warga di sekitar kawasan festival. Ada beberapa pilihan cara memasak, seperti dibakar, dikukus, atau digoreng. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai produk ikan olahan seperti abon lemuru, kerupuk kerang, rambak kulit lele, rambak kulit patin, kripik udang, krupuk cumi, dan banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here