Beranda Berita Jokowi Minta MUI, NU, Muhammadiyah Dilibatkan Vaksinasi Covid

Jokowi Minta MUI, NU, Muhammadiyah Dilibatkan Vaksinasi Covid

50
0

Presiden Joko Widodo meminta para menteri dan jajarannya melibatkan sejumlah ormas keagamaan dalam rangka vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Juga agar kita libatkan dari awal organisasi keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah dan organisasi ormas lainnya,” kata Jokowi

Pelibatan organisasi keagamaan ini, kata Jokowi, bertujuan untuk menjelaskan kepada publik terkait vaksin. Dengan begitu, masyarakat diharapkan lebih yakin menerima vaksin Covid-19.

“Terutama dalam menjelaskan soal manfaat vaksin dan meyakinkan kepada umat mengenai kehalalan dari vaksin ini,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga memastikan MUI terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 sejak awal. Mulai dari perencanaan, pengadaan vaksin, pertimbangan kehalalan vaksin, audit di pabrik vaksin termasuk kunjungan ke fasilitas vaksin di China.

MUI juga diminta ikut menyosialisasikan vaksinasi tersebut. Ma’ruf pun meminta umat Islam tak perlu khawatir soal kesesuaian syariat Islam dalam berbagai protokol penanganan Covid-19.

“Untuk vaksin, saya sudah minta (MUI) dilibatkan,” kata Ma’ruf

Ma’ruf memastikan vaksin yang beredar nantinya sudah melalui sertifikasi halal oleh MUI. Jika yang terjadi sebaliknya, kata Ma’ruf, MUI bisa saja mengeluarkan kebijakan sendiri.

“Tetapi kalau tidak halal, namun tidak ada solusi selain vaksin tersebut, maka dalam situasi darurat bisa digunakan dengan penetapan yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia,” jelas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here