Beranda Berita Pemkab Kotawaringin Timur Minta UMKM Lokal Dapat Perhatian Pemerintah

Pemkab Kotawaringin Timur Minta UMKM Lokal Dapat Perhatian Pemerintah

7
0

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah diminta membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kembali bangkit sebagai bagian dari pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Rabu pagi Agus menerima kunjungan dari Aliansi Penggerak Industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (API UMKM) Kabupaten Kotawaringin Timur. Organisasi pelaku UMKM ini juga menyampaikan sejumlah kendala yang masih mereka hadapi.

API UMKM menyampaikan sejumlah masalah yang menjadi perhatian pelaku usaha yaitu terkait produk halal. Selain itu, pelaku UMKM juga berharap kemudahan dalam hal sertifikasi produk lokal sehingga tidak dimanfaatkan atau diklaim pihak orang lain.

Agus berharap ini juga menjadi perhatian pemerintah, khususnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk membantu. Tujuannya agar pelaku UMKM mudah memenuhi persyaratan sehingga bisa mendapatkan sertifikat tersebut.

Politisi yang menjabat Ketua Komisi I ini berharap ini menilai perlu dukungan pemerintah daerah supaya pelaku UMKM semakin mudah mengembangkan usaha. Produk bersertifikat akan mudah merambah pasar modern.

Sektor UMKM perlu terus mendapat dukungan karena menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan. Sektor UMKM juga bersentuhan langsung dengan masyarakat menengah ke bawah yang mendominasi perekonomian daerah.

Ketua API UMKM Kotawaringin Timur, Firman mengatakan kedatangan mereka ke Fraksi PDI Perjuangan untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi tentang kondisi sektor UMKM di daerah ini. Mereka berharap DPRD membantu memperjuangkan agar UMKM di daerah ini semakin berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here