Beranda Berita Perpanjangan PSBB Transisi Harus Dibarengi Penegakan Aturan yang Tegas

Perpanjangan PSBB Transisi Harus Dibarengi Penegakan Aturan yang Tegas

53
0

Sekretaris Komisi E (bidang Kesehatan) DPRD DKI Jakarta Jhony Simanjuntak menegaskan, PSBB Transisi yang kembali diperpanjang hingga 3 Januari 2021 harus dibarengi dengan penegakan aturan yang tegas. Karena selama ini, pemprov DKI dalam hal ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta terlalu fokus pada masalah pengobatan.

“Saya melihat bahawa Pemprov DKI dalam hal ini Dinas Kesehatan terlalu sibuk atau asyik fokus pada masalah pengobatan. Sementara tingkat pencegahan masih kurang,” ujar Jhonny

Indikator pencegahan Covid yang masih kurang, disebut Johnny, sebenarnya bagaimana kehadiran secara fisik para pemimpin seperti gubernur, wali kota, camat, lurah untuk berhubungan langsung dengan masyarakat untuk lebih punya perhatian terhadap pencegahan ini. Menurutnya, sosialisasi itu sangat penting bagi masyarakat terutama yang dilakukan pemimpinnya secara langsung.

“Itu yang saya amati selama ini. Misalnya di tempat-tempat tertentu seperti hotel, mal, termasuk relatif sudah begitu kuat dalam hal penegakan protokol kesehatan. Klaster di permukiman itu yang mungkin masih kurang dan menjadi perhatian serius,” katanya.

Terkait okupansi RS rujukan Covid yang mencapai 85%, politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, kondisi itu juga menjadi kecemasan warga Jakarta. “Pencegahan ini yang harus dilakukan secara intensif bagaimana supaya RS jangan sampai ke titik kritis,” ucapnya.

Dia meminta Dinkes DKI karena Jakarta bekerja lebih serius. Sebab, Jakarta relatif boleh dikatakan lebih terdidik, sumber daya lebih siap, dana penanganan Covid lebih bagus dibanding daerah lain.

“Kalau bisa kekuatan di narasi dari Pemprov harus diiringi juga dengan tindakan di lapangan. Itu yang kurang menurut saya. Harus ada upaya-upaya bersifat penegakan aturan. Supaya masyarakat lebih hati-hati. Situasi selalu was-was. Jangan anggap penanganan Covid biasa saja,” katanya.

Memasuki akhir tahun 2020, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang kembali PSBB Masa Transisi hingga 3 Januari 2021. Kebijakan untuk memperpanjang PSBB masa transisi ini didasari pertimbangan atas pertambahan kasus positif Covid-19 yang belum belum ada tanda-tanda penurunan, sekaligus merupakan langkah antisipasi lonjakan kasus akibat libur Natal dan tahun baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here