Beranda Berita Puan Didesak Minta Maaf, PDIP: Di Mana Letak Salahnya?

Puan Didesak Minta Maaf, PDIP: Di Mana Letak Salahnya?

42
0

Desakan agar Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani untuk meminta maaf atas pernyataannya terkait Sumetera Barat beberapa waktu yang lalu terus berdatangan. Namun, hingga saat ini, Puan belum terlihat ingin meminta maaf.

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, mengatakan bahwa Puan dalam hal ini tidak melakukan kesalahan apa pun.

“Tentu di dalamnya harus mengandung pengertian ada kesalahan yang telah dibuat. Pertanyaannya yang ingin saya sampaikan di mana letak kesalahan pernyataan Mbak Puan, sebagaimana yang telah saya jelaskan tadi. Saya tidak melihat ada mens rea atau niat jahat untuk menistakan siapa pun termasuk masyarakat Sumatera Barat dalam pernyataan itu,” kata Basarah.

Menurutnya, apa yang dikatakan oleh Puan merupakan pesan yang disampaikan untuk pasangan calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP yakni Mulyadi dan Ali Mukhni agar senantiasa menegakkan nilaii Pancasila jika terpilih nanti.

“Karena apa yang beliau sampaikan itu semata-mata adalah Amanat adalah Pesan yang disampaikan kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung oleh PDI Perjuangan yang kebetulan adalah kader partai Demokrat dan kader Partai Amanat Nasional,” ujar Basarah.

Pernyataan Puan menurutnya sengaja dijadikan alat untuk melakukan politisasi yang bertujuan menurunkan elektabilitas PDI Perjuangan dalam Pilkada 2020.

“Atau justru ada politisasi, ada amplifikasi yang kemudian menjadi komoditas politik, apakah awalnya ini adalah kompetisi Pilkada Sumbar atau kemudian ada motif-motif lain karena Pilkada serentak banyak sekali 270 Pilkada, di masa yang akan datang akan ada Pilpres, ada kontestasi lain sebagainya dan sebagainya,” ujarnya.

Namun, Basarah meyakini apa yang terjadi saat ini akan meiliki dampak bagi Indonesia. “Saya pastikan dalam konteks kultural untuk menjaga silaturahim. Saya kira ini adalah momen dan peristiwa yang berdampak bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here