Beranda Uncategorized Terima Kunjungan BPK, Bupati Tiwi Komitmen Tata Kelola Pemerintahan Lebih Baik

Terima Kunjungan BPK, Bupati Tiwi Komitmen Tata Kelola Pemerintahan Lebih Baik

286
0

Kabupaten Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi menyambut kehadiran Tim Pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Tengah di Ruang Rapat Bupati. Kehadiran BPK RI di Pemerintah Kab. Purbalingga dalam rangka pemeriksaan pendahuluan, Kamis (3/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tiwi mengatakan,”selamat datang Tim BPK. Mohon bimbingannya karena kami mempunyai komitmen, agar tata kelola pemerintahan ke depan bisa lebih baik lagi. Perlu kami sampaikan, bahwa tahun 2021 Pemkab Purbalingga mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-5 kali. Saya berharap di tahun ini, Opini WTP bisa kembali dipertahankan,” ungkapnya.

Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga menambahkan, saat ini ada penilaian juga terkait MCP yang merupakan program KPK dan 2 tahun berturut-turut ada progres, serta menunjukkan perbaikan. Bupati Tiwi juga menjelaskan, pemeriksaan dari BPK rutin dilakukan setiap tahunnya. Dalam pemeriksaan, tentunya ada pembelajaran, serta perbaikan di jajaran Pemkab Purbalingga, agar tata kelola pemerintahan bisa semakin baik.

Sementara itu, Dandung Budi Kuntardi, selaku pimpinan Tim Pemeriksa dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah menyampaikan, pemeriksaan akan dilakukan selama 20 hari yang sudah dimulai pada 2 Februari 2022. Tim BPK nantinya akan memantau tindaklanjut hasil pemeriksaan sebelumnya yang mempengaruhi opini. Kemudian melakukan penilaian terhadap pengendalian intern yang akan menentukan opini, pengujian substantif terbatas berada di neraca, serta LRA.

“Ada juga aset tetap, belanja modal, barang jasa, belanja pegawai dan dana hibah. Demikian beberapa substansi yang akan dinilai,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here