Beranda Berita Wisatawan Kesulitan Scan Barcode di Objek Wisata Pinus Sari Bantul

Wisatawan Kesulitan Scan Barcode di Objek Wisata Pinus Sari Bantul

17
0

Sinyal lemah menjadi kendala bagi wisatawan yang hendak berlibur di kawasan Hutan Pinus Sari, Mangunan Bantul. Dalam uji coba pembukaan objek wisata ini, beberapa wisatawan gagal melakukan scan bar code PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke kawasan wisata.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Pemkab Bantul akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata DIY dan Sekda DIY. Sedangkan dari Pemkab Bantul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika akan memasang penguat sinyal. Hal ini diperlukan karena pada akhir pekan diperkirakan akan ramai dikunjungu wisatawan.

Pengelola juga harus tunduk terhadap aturan dan regulasi yangh ada di atasnya. Salah satunya aturan untuk anak di bawah 12 tahun dilarang masuk. Hal ini membawa konsekuensi yang sangat dilematis, karena rombongan wisata kerap membawa anak.

Ketua Koperasi Notowono yang mengelola Pinus Sari, Purwo Harsono mengaku sinyal internet menjadi kendala. Banyak wisatawan gagal masuk karena kesulitan memindai bar code yang ada.

Dalam uji coba ini, jumlah wisatawan yang datang hanya sekitar 100 orang. Padahal dengan kapasitas 2.000 orang bisa menerima wisatawan hingga 25 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here