Beranda Berita Yunianto Pantau Penyelenggaraan Pilkades di Temanggung

Yunianto Pantau Penyelenggaraan Pilkades di Temanggung

178
0

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto menyelenggarakan monitoring terkait dengan kontestasi politik di tingkat desa, yakni Pilkades. Ia memantau langsung prosesi pemungutan suara tersebut di beberapa desa bersama dengan jajaran Forkopimda, Kamis (30/6/2022).

Yunianto mengatakan bahwasanya Pilkades ini merupakan momentum untuk mengevaluasi kinerja yang dilakukan oleh seorang kepala desa. Apabila kinerjanya dinilai optimal oleh masyarakat, maka seorang incumbent mempunyai potensi untuk terpilih. Begitu juga sebaliknya, apabila terdapat kandidat lain yang mempunyai kriteria yang dianggap pantas oleh masyarakat untuk memimpin desa, maka ia juga mempunyai kesempatan untuk terpilih dalam Pilkades.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 2, secara eksplisit negara ini menganut sistem demokrasi, yakni kedaulatan tertinggi negara berada di tangan rakyat. Pilkades ini adalah momentum untuk mengevaluasi kinerja politik dari kandidat berdasarkan benchmark tertentu. Kesempatannya sama-sama terbuka, semua warga masyarakat yang memenuhi syarat mempunyai hak untuk memilih dan dipilih,” jelasnya.

Sosok yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung ini tak lupa menyampaikan bahwa berjalannya Pilkades di wilayah Temanggung ini sangat kondusif. Menurutnya, hal tersebut tercipta karena masyarakat senantiasa mengikuti perkembangan demokrasi yang moderat.

“Sejauh ini Pilkades berlangsung cukup aman dan damai. Kontestasi yang terjadi adalah adu strategi politik dan visi-misi, bukan sentimentasi atas dasar personal maupun parsial. Hal ini dikarenakan masyarakat mulai sadar bahwa Pilkades ini menjadi bagian dari pendewasaan demokrasi. Masyarakat mulai memperhatikan terkait dengan substansi politik yang sesungguhnya, yakni memberikan kesejahteraan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Terakhir, Yunianto menghimbau supaya kandidat yang terpilih nantinya dapat membangun harmonisasi yang baik dengan masyarakat. Bagi kontestan yang kalah, ia meminta supaya tetap legowo, karena persatuan dan kesatuan menurutnya lebih penting daripada sebuah otoritas kekuasaan di lingkup pemerintahan.

“Mari kita kawal bersama Pilkades ini dengan baik sampai penetapan dan pelantikan. Bagi yang menang, segera kerjakan program-program yang telah dicanangkan. Berikan kontribusi terbaik untuk masyarakat tanpa pandang bulu. Kontestan yang kalah jangan berkecil hati, jangan sampai terjadi konflik horizontal. Integrasi sosial yang telah terbangun selama ini lebih penting dari apapun,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here