Beranda Berita BPIP Tanamkan Ruh Pancasila di Lingkungan TNI Angkatan Laut

BPIP Tanamkan Ruh Pancasila di Lingkungan TNI Angkatan Laut

47
0

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan sosialisasi Pancasila di lingkungan TNI Angkatan Laut. Acara itu digelar bertema “Internalisasi Penataran Pancasila Tahun 2020”

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan tak ada kata tawar-menawar bagi prajurit TNI untuk memahami kandungan Pancasila.

“TNI Angkatan Laut harus menjadi agen negara dalam upaya pemahaman menanamkan kembali nilai-nilai pancasila yang sudah mulai luntur,” kata Yudo

Menurut Laksamana TNI Yudo Margono Sebagai Prajurit TNI AL sudah sepatutnya mengimplemantasikan nilai-nilai Pancasila.

Yudo juga mengatakan pihaknya terus berupaya menjaga NKRI dan Pancasila. Bahkan, sebut dia, dirinya sudah meminta semua prajurit untuk melakukan amanah itu.

“Dengan ideologi kebangsaan menjadi sasaran utama, oleh karena itu saya perintahkan kepada segenap prajurit dan PNS Angkatan Laut untuk tetap teguh menjaga ideologi Pancasila hingga titik darah penghabisan,” tandasnya.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan, kegiatan Internalisasi Penataran Pancasila di tubuh TNI ini bertujuan untuk mengaktualisasikan serta memurnikan implementasi nilai-nilai ideologi Pancasila. Pasalnya, pemahaman dan pengamalan Pancasila saat ini sudah mulai luntur.

“Maka itu sosialisasi ideologi Pancasila harus didengungkan kembali,” katanya.

Yudian juga mengatakan tugas fungsi BPIP yakni membantu Presiden merumuskan arah dan kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Di samping itu, BPIP juga bertanggungjawab menyusun rekomendasi terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi Negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here