Beranda Uncategorized Cacar Monyet Terkonfirmasi di Indonesia,  Ini Saran Legislator

Cacar Monyet Terkonfirmasi di Indonesia,  Ini Saran Legislator

178
0

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan temuan wabah cacar monyet pertama di Indonesia bukan sesuatu hal yang mengejutkan. Hal ini mengingat wabah tersebut sudah merambah hampir ke 100 negara.

“Jauh-jauh hari, kita sudah mengingatkan, awas cacar monyet sudah berada di teras Indonesia. Nah, terbukti kan sekarang wabah yang yang sudah dinyatakan World Health Organization (WHO) berstatus darurat kesehatan global ini sudah masuk ke Indonesia,” kata Rahmad dalam keterangan pers, Senin

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, meskipun wabah cacar monyet sepertinya sulit untuk dielakkan, masyarakat tidak perlu takut dan panik. Namun, agar wabah ini tidak sampai meluas, masyarakat harus lebih berhati-hati dan waspada.

“Terkonformasinya cacar monyet ini jangan sampai menimbulkan kepanikan. Tetapi ya, marilah kita berusaha sekuat tenaga melalui berbagai upaya nyata agar wabah ini jangan sampai meluas,” katanya.

Oleh karena itu, jika ada warga masyarakat yang mengalami tanda-tanda yang mengarah kepada cacar monyet, yang bersangkutan harus segera melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan (faskes).

“Masyarakat harus diedukasi secara massif agar mengerti apa dan bagaimana itu cacar monyet. Apa tanda-tandanya, bagaimana penyebarannya dan langkah apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala. Edukasi seperti ini harus dilakukan pemerintah agar masyarakat bisa antisipasi tertularnya cacar monyet,” saran Rahmad.

Terkait upaya pencegahan meluasnya wabah cacar monyet, Rahmad mengusulkan agar para tenaga kesehatan (nakes) diberi pelatihan proses penanganan serta pengendalian cacar monyet.

“Para nakes kita harus paham betul apa itu cacar monyet sehingga pada saatnya dia bisa mendiagnosa dengan tepat. Karena itu, mungkin perlu dipertimbangkan bagaimana kalau para nakes diberi pelatihan khusus soal cacar monyet,” katanya.

Selanjutnya, Rahmad berharap ke depan pemerintah juga bisa mensosialisasikan bagaimana pola hidup sehat, agar terhindar dari cacar monyet kepada masyarakat. Termasuk, kata Handoyo, proses penyebaran cacar monyet juga disampaikan kepada

“Masyarakat harus diedukasi pola hidup sehat untuk menghindari penyakit-penyakit seperti Covid-19 dan cacar monyet,”katanya.

Rahmad juga mengimbau untuk meningkatkan surveilans serta tracing ketat terhadap kasus yang sudah terkonfirmasi positif cacar monyet .

Dikatakan Rahmad, sebagai upaya antisipasi, pemerintah didorong untuk menyiapkan vaksin cacar monyet. Dikatakan, saat ini beberapa negara yang sudah menyiapkan vaksin terutama yang sudah terkonfirmasi penularan, misalnya Amerika dan Spanyol. Kedua negara yang ini sudah membeli vaksin cacar monyet.

“Saya kira, nantinya wilayah yang beresiko tinggi dan wilayah-wilayah yang positif tinggi perlu vaksinasi agar cacar monyet ini tidak semakin luas. Artinya, kita harus siapkan kuda-kuda dengan melakukan vaksinasi, karena vaksin 85% ke atas bisa memberikan perlindungan dari penyakit ini,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah mengumumkan kasus cacar monyet pertama. Seorang pasien lelaki berusia 27 tahun di Jakarta, lewat test PCR yang dilakukan, Jumat (19/8/22/2022) dipastikan positif mengidap cacar monyet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here