Beranda Uncategorized DPRD DKI Ingatkan Panitia Formula E Perhitungkan Kerentanan Banjir Rob di Ancol

DPRD DKI Ingatkan Panitia Formula E Perhitungkan Kerentanan Banjir Rob di Ancol

76
0

Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Indonesia (FIA) memutuskan Ancol menjadi lokasi lintasan atau sirkuit balap Formula E di Jakarta. Sirkuit itu bernama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth mengungkapkan infrastruktur untuk balapan mobil listrik Formula E di Ancol harus banyak yang diperbaiki, mulai dari lintasan tanggul untuk mengantisipasi adanya ancaman banjir rob yang mengintai wilayah Ancol.

“Selamat kepada panitia Formula E yang sudah menentukan lokasi arena balap mobil listrik Formula E, di Ancol. Namun harus banyak perbaikan, kita belajar dari pengalaman kemarin bahwa di Ancol ada tanggul yang bocor, sehingga mengakibatkan banjir parah,” ujar Kent, sapaan akrab Hardiyanto Kenneth, Sabtu (1/1).

“Pemilihan lokasi di Ancol diharapkan sudah memperhitungkan kerentanan jika terjadi banjir rob, ataupun hujan deras sehingga lokasi aman, jangan sampai ada masalah jebol infrastruktur saat balapan berlangsung nanti, sehingga bisa mengakibatkan adanya kerugian materi hingga korban jiwa,” tambah dia.

Kent mengatakan ajang Formula E merupakan agenda mempromosikan Kota Jakarta, jadi faktor keselamatan harus diperhatikan dan menjadi prioritas. “Jangan nanti setelah terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan, baru kita menyesal,” tegas Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPD PDIP DKI Jakarta itu.

Seperti diketahui, Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni menjelaskan, selanjutnya panitia dalam hal ini PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan mempersiapkan sirkuit sebagai lintasan.

“Sirkuit untuk Formula E akan segera dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA,” katanya dalam rilis diterima merdeka.com, Rabu (22/12).

Dijadwalkan, pembangunan sirkuit akan selesai pada Bulan April 2022 mendatang. Mengingat sirkuit E-Prix menggunakan track di jalan raya sehingga pembuatan track bisa dilakukan dengan cepat.

“Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang,” sambungnya.

Track balap Formula E atau E-Prix akan memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dengan jumlah tikungan 18.

Berikut spesifik sirkuit Formula E:

Panjang lintasan : 2,4 Km
Lebar : 12 m
Jumlah Tikungan : 18
Arah Lintasan : Clock Wise/searah jarum jam
Panjang trek lurus : 600 m

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here