Beranda Berita Ganjar Beberkan Sejumlah Isu yang Akan Dibahas di Debat Capres-Cawapres Ketiga

Ganjar Beberkan Sejumlah Isu yang Akan Dibahas di Debat Capres-Cawapres Ketiga

50
0

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan sejumlah isu yang akan dibahas dalam debat ketiga. Debat ketiga akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 7 Januari 2024 itu bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat ketiga akan mempertemukan antarcapres.

 

Ganjar Pranowo juga mengatakan bahwa saat ini perubahan iklim sedang menekan sehingga produksi pangan terganggu. Sementara terkait dominasi antarnegara, lanjut dia, tiap negara ingin bersaing untuk menjadi jawara dalam mengatur dunia. “Saya sedang tidak bicara bocoran debat besok, tetapi besok kita mau bicara ini,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

 

Ganjar Pranowo mengaku telah menyiapkan tiga catatan untuk menghadapi debat capres. Pertama, kata Ganjar, orientasi politik luar negeri Indonesia yang menganut prinsip bebas aktif. Kedua, bagaimana gagasan mengenai pertahanan negara untuk mengadaptasi kepentingan nasional di dalamnya. Ketiga, bagaimana pengoptimalan hubungan luar negeri dengan negara-negara anggota ASEAN bisa mengadaptasi kepentingan-kepentingan nasional di sektor pangan, energi, dan termasuk pertahanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here