Beranda Berita Mbak Puti Salurakan Beasiswa KIP Kuliah Untuk Mahasiswa 500 Mahasiswa Di Jatim

Mbak Puti Salurakan Beasiswa KIP Kuliah Untuk Mahasiswa 500 Mahasiswa Di Jatim

100
0

Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno menggelar pertemuan dengan ratusan mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Gedung Dharma Wanita Kota Surabaya, Senin (20/3/2023) malam.

Hadir di tempat pertemuan bertajuk Silaturahmi Kebangsaan itu, Mbak didampingi sejumlah anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan. Diantaranya Sukadar SH dan Tri Didik Andiono. Hadir pula para pengajar dari sejumlah kampus.

Kehadiran cucu dari Proklamator RI, Bung Karno, di gedung pertemuan disambut pagelaran seni tradisional tari Remo dan Reog yang dimainkan anak-anak muda Surabaya.

Mbak Puti pada acara itu menyampaikan, ratusan penerima beasiswa adalah para mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

“Ada sekitar 500 mahasiswa yang menerima beasiswa KIP Kuliah. Mereka benar-benar membutuhkan,” kata Puti Guntur Soekarno.

Legislator PDI Perjuangan asal dari daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo ini menambahkan, dirinya berbangga bisa membantu penyaluran beasiswa secara tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

Mbak Puti menyempatkan berdialog dengan para mahasiswa tersebut. Dari pengakuan beberapa mahasiswa penerima manfaat, mereka berasal dari keluarga tidak mampu.

Bahkan, ada mahasiswa yang nyaris mengubur harapannya untuk melanjutkan kuliah. Namun, dengan beasiswa tersebut, harapan bisa berkuliah bukan impian belaka.

“Bayangkan senangnya saya. Melihat anak yang sudah putus asa karena tidak memiliki biaya kuliah. Mereka menjadi gembira setelah menerima manfaat beasiswa ini,” katanya.

Puti Guntur Soekarno menambahkan, beasiswa KIP Kuliah menjadi keinginan Presiden Joko Widodo sebagai upaya pemerintah untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.

“Saya hanya sebagai penyambung. Dan saya berharap, kuota yang akan saya salurkan akan bertambah banyak,” harap Mbak Puti.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Dr Edi Krisharyanto SH MH mengatakan, pihaknya turut gembira dengan adanya beasiswa ini.

“Kami sangat berterima kasih pada Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno) atas kerja sama ini. Saya yakin niat mulia Mbak Puti akan berbuah,” katanya.

Edi menuturkan, selama ini beasiswa KIP Kuliah telah berjalan cukup banyak di kampusnya. Di UWK, lanjut dia, penerima manfaat akan dilakukan tes terlebih dulu. Apakah mereka benar-benar ingin melanjutkan kuliah atau karena ada faktor lain.

“Mahasiswa harus memiliki tekad terlebih dulu, baru persyaratan lainnya untuk menerima beasiswa KIP Kuliah ini,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here