Beranda Uncategorized PDI Perjuangan Situbondo Sosialisasikan Penguatan Ideologi Pancasila bagi Pemuda

PDI Perjuangan Situbondo Sosialisasikan Penguatan Ideologi Pancasila bagi Pemuda

84
0

Sebagai upaya meningkatkan wawasan ideologi Pancasila, khususnya untuk generasi muda, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Situbondo menggelar sosialisasi pedidikan ideologi Pancasila, Senin (20/12/2021).

Pada kegiatan yang bertempat di Kecamatan Besuki tersebut, Ketua Bakesbangpol Situbondo, Basuki dan Ketua DPC PDI Perjuangan DPRD Situbondo, Andi Handoko, hadir langsung sebagai narasumber memberikan sosialisasi kepada puluhan pemuda dari berbagai organisasi dan komunitas di wilayah Situbondo.

Dalam paparan materinya, Ketua DPC PDI Perjuangan Situbondo, Andi Handoko, mengungkapkan, penguatan ideologi Pancasila merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diberikan, terutama pada generasi muda, sebab di tangan pemuda masa depan bangsa Indonesia akan diwariskan.

Sebab itu, agar generasi muda Indonesia tidak kehilangan jati diri bangsanya, penguatan pemahaman terhadap ideologi Pancasila harus terus dilakukan. Salah satunya dengan mengintensifkan kegiatan-kegiatan yang membuka ruang edukasi seperti sosialisasi semacam ini.

“Anak muda adalah harapan masa depan bangsa. Di tangan kalianlah nasib bangsa kita ini dipertatuhkan. Untuk itu, sebagai bekal menyongsong masa depan itu, sedini mungkin kita harus sudah tanamkan nilai-nilai Pancasila, agar kalian, para generasi muda tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia,” terang Andi.

Anggota DPRD Situbondo ini menjelaskan, penguatan ideologi Pancasila di kalangan anak muda tidak hanya untuk terus merawat dan mempertahankan jati diri bangsa, tetapi juga sebagai tali perekat yang dapat memperkokoh eksistensi bangsa Indonesia.

“Penguatan ideologi Pancasila tidak hanya untuk menjaga serta merawat jati diri bangsa, namun juga sebagai bentuk pengokohan eksistensi bangsa Indonesia, agar tak mudah untuk diprovokasi dan diadu domba oleh pihak-pihak yang sengaja ingin Indonesia terpecah belah” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo, Basuki, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak muda untuk terus meningkatkan pemahaman terhadap ideologi Pancasila, dalam rangka membentuk generasi muda yang berintegritas dan berkarakter Pancasilais.

“Di era keterbukaan informasi dan teknologi saat ini, banyak generasi muda kita mulai terkontaminasi budaya dan paham-paham asing yang tak sesuai dengan nilai Pancasila. Maka, dengan sosialisasi ini kami bertujuan agar anak-anak muda yang ada di Situbondo ini bisa lebih memahami nilai-nilai Pancasila, sebagai bekal untuk tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas dan berkarakter Pancasila,” jelasnya.

“Kita dapat sadari, pada saat ini modernisasi membawa dampak yang begitu besar, terutama banyak anak muda sudah mulai terkontaminasi budaya dan paham asing yang kadang tidak sesuai dengan pancasila,” sambungnya.

Karena itu, dirinya berharap, kegiatan sosialisasi tersebut dapat membekali generasi muda sebagai sosok yang memiliki integritas kebangsaan dan karakter yang pancasilais.

“Maka dengan kegiatan ini, kami berupaya memperluas ruang-ruang edukasi tentang peran dan nilai Pancasila dengan harapan anak-anak muda yang ada di Kabupaten Situbondo ini, memiliki bekal untuk tumbuh menjadi generasi yang berintegritas dan memiliki karakter Pancasila,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here