Beranda Berita Penguatan Pangkalan TNI AL Semarang untuk Kekuatan Pertahanan Negara

Penguatan Pangkalan TNI AL Semarang untuk Kekuatan Pertahanan Negara

140
0

Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan sampaikan bahwa Komisi I DPR RI mendukung upaya penguatan Pangkalan TNI AL Semarang (Lanal Semarang) dengan kenaikan kelas dari kelas B menjadi kelas A untuk mendukung kekuatan pertahanan negara. Hal ini dipandang sudah selayaknya mengingat Indonesia ialah negara dengan 70 persen wilayahnya merupakan kawasan kemaritiman.

“Kita mendukung, mensuport mereka terkait usulan kenaikan Kelas Lanal ini, kemudian Pos TNI AL (Pospal) yang selama ini masih menumpang agar bisa diberikan kesempatan, kemudian kesejahteraan mereka juga harus kita dukung,” ungkap Sturman, di Lanal Semarang, Senin (12/12/2022).

Lebih lanjut ia bilang, dukungan ini tidak hanya untuk Lanal Semarang saja, namun untuk seluruh Lanal di Indonesia agar melaksanakan pembinaan potensi maritim dan masyarakat pesisir guna mendukung kekuatan pertahanan negara. Apalagi Indonesia dianugerahi tujuh belas ribu pulau yang perlu dipertahankan kawasannya.

“Beberapa waktu lalu kita berkunjung ke salah satu negara kepulauan, mereka sudah memanfaatkan kemaritimannya untuk kemajuan negerinya, ini sangat luar biasa. Sementara kita masih belum memaksimalkanya. Negara maritim adalah negara yang mampu meningkatkan kesejahteraan prajuritnya, kesejahteraan masyarakatnya, kesejahteraan pertahanannya dari laut” ungkap Sturman.

Tak hanya soal peningkatan kelas Lanal, ia juga mendukung peningkatan kesejahteraan berupa peningkatan tunjangan personil Babinpotmar Lanal Semarang dan sejumlah kebutuhan prioritas dalam mendukung pelaksanaan tugas Lanal Semarang. Seperti penambahan unit Kapal Angkatan Laut (KAL), alat apung (alpung), alat komunikasi (Alkom), dan sarana-prasarana pendukungnya.

“Serta Hibah aset lahan dan bangunan untuk pembangunan Pos Angkatan Laut (Posal), khususnya di Posal Semarang, Posal Demak, Posal Kendal, Posal Karimunjawa, dan Posal Rembang, serta pendirian Posal baru di area TPI Banyutowo dan Juwana (Kabupaten Pati),” ujar Sturman.

Sebagaimana diketahui bahwa wilayah kerja Lanal Semarang membentang dari Rembang hingga Jepara, dan didukung oleh 7 (tujuh) Posal (tahun 2021). Lanal Semarang melaksanakan pembinaan wilayah pesisir dengan memberdayakan Angkatan Laut yang sering berhubungan dengan nelayan sebagai cadangan yang sangat berpotensi khusus di wilayah maritim pesisir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here