Beranda Berita Relawan Baguna Kabupaten Pasuruan Siap Jadi Ujung Tombak Mitigasi Bencana

Relawan Baguna Kabupaten Pasuruan Siap Jadi Ujung Tombak Mitigasi Bencana

25
0

Para relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan siap menjadi ujung tombak mitigasi bencana maupun saat masa kedaruratan bencana.

Kesiapsiagaan Baguna setempat ditindaklanjuti dengan sosialisasi antisipasi dan mitigasi bencana yang menghadirkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan. Sosialisasi digelar di Pandaan, Minggu (25/4/2021) sore.

“Para kader relawan Baguna memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana alam. Mereka juga bertugas menjadi early warning system dan berkoordinasi dengan BPBD jika mengetahui potensi terjadinya bencana,” tandas AW, sapaan akrab Andri Wahyudi.

Andri Wahyudi yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan ini menyatakan, kesiapsiagaan para relawan juga telah ditunjukkan dalam sejumlah bencana alam yang terjadi di Kabupaten Pasuruan. Kesiapan ini sebagai wujud dan implementasi instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Pemimpin daerah memiliki peran penting dalam memitigasi bencana di daerah masing-masing. Ini harus didukung kesiap-siagaan dalam menghadapi potensi bencana,” kata Andri Wahyudi mengutip pesan Megawati.

Pada kesempatan itu AW meminta para relawan Baguna untuk mengedukasi masyarakat dalam mitigasi bencana. Sehingga masyarakat juga memiliki kepekaan dan kesiapan menghadapi bencana.

“Potensi bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimanapun tempatnya. Kesiapsiagaan dalam mitigasi ini akan meminimalisir terjadinya korban pada peristiwa bencana alam,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here