Beranda Berita Wali Kota Blitar Ajak Seluruh Masyarakat Menjunjung Tinggi Keberagaman

Wali Kota Blitar Ajak Seluruh Masyarakat Menjunjung Tinggi Keberagaman

33
0

Wali Kota Santoso mengajak masyarakat Kota Blitar mengingat kembali masa lalu sejarah berdirinya Kota Blitar pada 1 April 1906 silam.

Di mana penjajahan di Blitar berlangsung dalam suasana serba menyedihkan karena memakan banyak korban, baik nyawa maupun harta. Pada akhirnya rakyat Blitar pun kemudian bersatu padu dan bahu membahu melakukan berbagai bentuk perlawanan kepada Belanda.

Guna meredam perlawanan rakyat Blitar, pada 1906 pemerintahan kolonial Belanda akhirnya mengeluarkan sebuah Staatsblad van Nederlandsche Indie No 150 yang isinya adalah penetapan pembentukan Gemeente Blitar.

Momentum pembentukan Gemeente Blitar inilah yang kemudian dikukuhkan sebagai hari lahir Kota Blitar. Status Blitar pun akhirnya berubah-ubah seiring dengan pergantian kekuasaan penjajah dari Belanda ke Jepang di Blitar.

Menurut Santoso, tahun 1906 memiliki arti penting bagi masyarakat Kota Blitar. Sebab, tahun tersebut awal cikal bakal berdirinya Kota Blitar.

Jika mengingat kembali sejarah di masa lalu, sudah seharusnya sebagai generasi penerus, tidak hanya sekedar mengingat kemerdekaannya saja, namun juga memaknai dengan ucapan dan tindakan yang konkret.

“Melalui perjuangan panjang itu patut kiranya seluruh warga masyarakat Kota Blitar untuk bersuka cita dan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan ridho dan barokah kepada Kota Blitar,” ungkapnya saat melaksanakan upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -115 Kota Blitar, di halaman gedung Pemkot Blitar, Kamis (1/4/2021).

Dihadapan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Blitar beserta tamu undangan lainnya, politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan dengan merenungi sejarah berdirinya Kota Blitar, akan membantu kita membentuk identitas diri yang lebih baik dan juga dapat memecahkan segala persoalan saat ini.

“Atas perjalanan sejarah Kota Blitar sejak terbentuknya pada 1906 lalu, dengan segala dinamika sehingga dapat membawa Kota Blitar selalu maju ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini banyak capaian yang didapatkan oleh Kota Blitar dan dapat dirasakan oleh semua pihak, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Selain itu, juga stabilitas lingkungan atau wilayah yang dapat dibilang kondusif, aman dan nyaman bagi seluruh entitas masyarakat.

“Hal ini bahkan diakui oleh pemerintah pusat, oleh karenanya kita bersama harus berbangga menjadi bagian dari Kota Blitar,” ujarnya.

Adapun pada momentum HUT tersebut, seluruh unsur baik pemerintah daerah maupun masyarakat harus saling bekerja sama, bergotong royong untuk membentuk karakter Kota Blitar lebih kuat dan bermartabat.

“Mari, bersama kita saling merangkul dan mendukung, menciptakan Kota Blitar dengan sinergitas kuat sehingga terbentuk karakter yang menjunjung tinggi keberagaman, menjadi wilayah yang religius serta rasa nasionalisme yang tinggi,” tegas Santoso.

Seusai upacara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan secara simbolis kepada seluruh unsur yang terlibat pada proses penanganan Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Mikro di Kota Blitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here