Beranda Uncategorized Ganjar Pranowo Komitmen Libatkan Disabilitas dalam Pembangunan Infrastruktur untuk Ciptakan Kesetaraan

Ganjar Pranowo Komitmen Libatkan Disabilitas dalam Pembangunan Infrastruktur untuk Ciptakan Kesetaraan

68
0

Pemerintah harus mempunyai komitmen yang kuat dalam memenuhi hak-hak penyandang disabilitas guna menciptakan kehidupan yang nyaman dan aman.
Hak-hak tersebut, dikatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mulai dari perlindungan, pengasuhan, sipil, kesehatan, sampai aksesibilitas.

“Ada hak anak dari penyandang disabilitas, harus mendapatkan perlindungan, awas dengan kekerasan dan kejahatan, juga mendapatkan perawatan pengasuhan sehingga pertumbuhan mereka bisa optimal, hak kesehatan dan kebebasan berekspresi,” kata Ganjar dalam keterangannya, Jumat (7/1).

“Nah ini yang menjadi tugas pemerintah di mana itu semua harus dipenuhi,” lanjutnya.

Ganjar berpandangan, penting bagi pemerintah daerah untuk melibatkan kaum disabilitas, anak-anak, dan perempuan saat membangun sebuah infrastruktur. Sehingga, menciptakan orientasi kesetaraan pemenuhan hak-hak disabilitas.

“Siapa yang mewakili penyandang disabilitas silakan menyampaikan unek-unek, kira-kira apa yang musti kita perhatikan. Ini menurut saya cara yang secara tahap per tahap nanti akan ada hasil, insyaAllah, karena prosesnya mereka sudah dilibatkan dari awal,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, sampai saat ini jumlah penyandang disabilitas anak-anak di Jawa Tengah mencapai 10,55 persen.

Sementara, untuk difabel dewasa ada lebih dari 89,45 persen dari total penyandang disabilitas yang ada.

“Maka kalau kita melihat perlindungan keluarga dan pengasuhan alternatif menjadi penting, karena anak butuh kasih sayang, kalau orang tua tidak mampu maka pemerintahlah yang mendampingi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here